Jawa Tengah & DIY

Beberapa nama jalan di Yogya akan diganti

Selasa,  22 Januari 2013  −  01:07 WIB
Beberapa nama jalan di Yogya akan diganti
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta pada tahun ini akan mengganti beberapa nama jalan protokol dan kampong di kota budaya ini.

Selain menampilkan karakter, pergantian ini juga untuk menampilkan kembali filosofi dan nilai-nilai sejarah Yogyakarta pada masa lalu. Sehingga nama-nama jalan tersebut akan disesuaikan dengan nama kewilayahan.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Yogyakarta, Edy Muhammad mengatakan memang akan akan perubahan nama-nama jalan di Yogyakarta dan dikembalikan seperti nama jalan saat itu. Beberapa nama jalan yang akan diganti tersebut, di antaranya Jalan Mangkubumi, A Yani, dan Trikora.

“Jalan Mangkubumi rencananya akan menjadi Jalan Margo Utama, Jalan A Yani menjadi Jalan Hargo Mulyo dan Jalan Trikoto menjadi Jalan Pangurakan,” katanya, Senin 21 Januari 2013.

Namun karena perubahan ini akan memberikan dampak sosial, sehingga sebelum melakukan pergantian nama jalan, terlebih dahulu akan melakukan sosialisasi, baik secara langsung maupun melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Sekaligus untuk menyerap aspirasi dan masukan terhadap rencana ini.

“Kami rencanakan untuk pergantian nama ini sudah dapat dilaksanakan pada triwulan ke empat tahun ini,” terangnya.

Ketua Komisi C DPRD Kota Yogya Zuhrif Hudaya membenarkan tentang rencana tersebut. Dimana untuk perubahan nama jalan itu akan disesuaikan dengan sejarah dan dikembalikan ke posisi nama jalan di mana kental dengan nama kewilayahan.

Seperti, jalan Timoho sekarang jalan Ipda Tut Harsono akan dikembalikan lagi menjadi jalan Timoho dan Jalan Supomo awalnya merupakan jalan Janturan kembali menjadi Jalan Janturan dan sebagainaya. 

“Perubahan ini juga sudah masuk dalam rencana detail tata ruang (RDTR) dan untuk penggantian nama jalan tersebut nantinya akan ada peraturan walikota (perwal),” katanya.


(rsa)

views: 979x
shadow