Jawa Barat

Dana BOS Jabar cair

Jum'at,  18 Januari 2013  −  11:23 WIB
Dana BOS Jabar cair
Ilustrasi, anak sekolah. (istimewa)

Sindonews.com - Dalam waktu dekat, Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) akan mencairkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk tahun 2013. Untuk alokasi dana BOS di Jabar mencapai Rp4,1 triliun yang disebar ke 26 kabupaten/kota.

Kepala Dinas Pendidikan Jabar Wahyudin Zarkasy mengatakan, pada tahap pertama akan dicairkan Rp9,8 miliar dengan rincian SD/SDLB sebesar Rp6,8 miliar dan untuk SMP, SMPLB dan SMP Terbuka sebesar Rp3 miliar.

"Dana seluruhnya ditransfer oleh bank BJB ke rekening penerimaan dana BOS. Dana dapat diterima secara utuh oleh sekolah," kata Wahyudin, dalam sambutan peluncuran dana BOS 2013 yang dihadiri Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, di Gedung Sate, Bandung, Jumat (18/1/2013).

Perincian sasaran BOS 2013 untuk siswa SD/SDLB Rp580 ribu/siswa/tahun, untuk SMP, SMPLB, SMP terbuka Rp710 ribu/siswa/tahun.

Wahyudin menyebutkan, alokasi BOS pusat secara keseluruhan Rp4,1 triliun yang diperuntukan bagi siswa SD, SDLB, sebesar Rp2,7 triliun. Sedangkan  SMP, SMPLB, SMP terbuka Rp1,2 triliun dan cadangan Rp1,79 miliar.

"Jumlah tersebut adalah dana BOS untuk selama 12 bulan periode Januari-Desember 2013," jelasnya.

Dia berharap, penggunaan dana BOS dilakukan sesuai petunjuk teknis. Penggunaan dana BOS di sekolah harus dikelola secara mandiri.

Untuk menjamin transparansi dan akuntabilitas dalam pengajuan usulan dana BOS harus didasarkan pada kesepakatan bersama kepala sekolah/dewan guru dengan komite sekolah yang harus dicatat sebagai salah satu sumber penerimaan dalam RAPBS.


(ysw)

views: 1.397x
shadow