Atribut dipreteli, tim sukses ngamuk

Selasa, 08 Januari 2013 - 20:36 WIB
Atribut dipreteli, tim sukses ngamuk
Atribut dipreteli, tim sukses ngamuk
A A A
Sindonews.com - Dua tim sukses pasangan calon bupati dan wakil bupati Tulungagung memprotes aksi bersih-bersih panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Tulungagung terhadap atribut kampanye. Sebab, apa yang dilakukan panwas dinilai telah merusak kualitas atribut kampanye.

“Banyak gambar yang rusak setelah diturunkan panwas. Kami tidak terima dengan ini,“ ujar Murani selaku Ketua tim sukses pasangan cabup-cawabup Isman-Tatang Suhartono (Matang) di Kantor Panwaslu Tulungagung, Selasa (8/1/2013).

Tim sukses pasangan yang diusung koalisi PDI Perjuangan-PKB itu datang dengan puluhan massa. Murani juga menilai Panwas kurang adil. Sebab masih banyak atribut pasangan lain yang luput dari pembersihan.
“Seharusnya jika memang dibersihkan harus semua. Buktinya masih ada gambar pasangan lain yang masih terpampang,“ keluhnya.

Meski terlihat seperti hendak mengamuk, puluhan massa ini tetap menyampaikan kekecewaan dengan komunikasi yang tertib.

Pada saat yang bersamaan, Ketua Tim Sukses pasangan cabup-cawabup Syahri Mulyo-Maryoto Birowo (Sahto) juga melontarkan keluhan yang sama. Aksi panwas yang dilakukan tengah malam ditengarai menjadi penyebab kerusakan. Panwas dituding tidak menerapkan aturan yang benar.

“Kami mempertanyakan aturan ini dan akan menggugat lewat jalur hukum jika tidak ada penyelesaian yang memuaskan,“ tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Tulungagung Mukti Ali bersikukuh apa yang dilakukannya sudah sesuai prosedur. Mengenai masih adanya atribut yang tertinggal, semuanya akan dibersihkan.

“Sebab dalam melakukan kegiatan ini (pembersihan), kami memang keterbatasan petugas. Namun yang pasti semuanya akan dibersihkan,“ ujarnya.

Mengenai ancaman kedua tim sukses yang akan memperkarakan secara hukum, Mukti mengaku tidak gentar. Pihaknya siap menghadapi jika memang ancaman itu benar-benar direalisasikan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0880 seconds (0.1#10.140)