Pilkada

Abdul Gafur tak lolos sebagai cagub Malut

Senin,  7 Januari 2013  −  02:41 WIB
Abdul Gafur tak lolos sebagai cagub Malut
Ilustrasi (istimewa)

Sindonews.com - Mantan Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) dimassa era Orde Baru yang juga Anggota Dewan Penasehat DPP Partai Golkar Dr Abdul Gafur tak lolos administrasi dalam penjaringan bakal calon Gubernur Maluku Utara (Malut) periode 2013-2018 di Partai Golkar Malut.

Ketua penjaringan bakal calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur yang juga Ketua Bidang Organisasi dan Daerah DPD Partai Golkar Malut, Hamid Usman melalui peasn singkatnya Minggu 6 Januari 2013 mengatakan, ada delapan tokoh yang mendaftar sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Malut di DPD I Golkar Malut. Abdul Gafur sendiri dinyatakan tidak lolos administrasi, dan sampai waktu yang ditentukan beliau tidak mendaftar.

Selain itu, Abdul Gafur tidak lolos karena administrasi. Berdasarkan petunjuk pelaksanaan (Juklak) nomor 13 mengenai persyaratan pencalonan Gubernur yang ditetapkan DPP Partai Golkar bahwa calon harus berusia maksimal 65 tahun, sedangkan Abdul Gafur sendiri saat ini sudah berusia suda di atas 66 tahun.

Hamid Usman menambahkan, dinyatakan tidak lolosnya Abdul Gafur Mantan Menpora Orba sebagai bakal calon gubernur tersebut, dikarenakan sampai batas waktu yang ditentukan sebagai pendaftaran dan pengembalian fomulir pendaftaran, yang bersangkutan tidak mendaftar dan mengembalikan formulir.
 
Gafur juga dalam sosialisasi politiknya di setiap Kabupaten Kota Maluku Utara sering mengatakan jangan pilih orang yang terlibat korupsi seperti Ketua DPD I Partai Lambang Beringin yang juga Bupati Kabupaten Kepulauan Sula itu, saati ini ditetapkan sebagai tersangka oleh Penyidik Reskrimsus Polda Malut terkait kasus dugaan korupsi dana pembangunan Masjid Raya, Sanana Kabupaten Sula senilai Rp25 miliar.

Hamid menambahkan, tidak lolosanya mantan Menpora ini karen sering menyebutkan Ketua DPD I Partai Golkar Malut yang juga bupati Sula Ahmad Hidayat Mus menjadikan Partai Golkar Malut sebagai lahan bisnisnya.
 
“Untuk enam nama balon Gubernur Malut yang dinyatakan lolos administrasi sebagai balon Gubernur di Partai Golkar diantaranya Ahmad Hidayat Mus (Ketua DPD I Golkar Malut yang juga Bupati Kepulauan Sula),  Yamin Tawari pengurus DPP PG , Syamsir Andili (mantan Wali Kota Ternate dua periode), Muhajir Albar Mantan Sekda Prov Malut, Ahmad Hatari sebagai birokrasi Papua dan Nita Budi Susanti (anggota DPR-RI dari Partai Demokrat yang juga permaisuri Sultan Ternate Mudafar Syah)," jelasnya.



(rsa)

views: 2.085x
shadow