Jawa Timur

Pemkab Blitar siap mutasi besar-besaran

Kamis,  3 Januari 2013  −  19:40 WIB
Pemkab Blitar siap mutasi besar-besaran
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar akan melakukan mutasi besar-besaran di lingkungan kepegawaian. Diprediksi akan banyak pejabat pegawai negeri sipil (PNS) mulai eselon IV dan II yang bergeser atau bahkan bernasib kehilangan jabatan.

Kendati demikian, dalam mutasi tersebut tidak sedikit pegawai yang akan mendapatkan posisi (jabatan) baru. Sebab, parameter yang digunakan Pemkab adalah evaluasi kinerja.
 
“Mutasi selebihnya untuk mengisi kekosongan, karena adanya pegawai yang telah pensiun, “ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar Palal Ali Santoso kepada wartawan, Kamis (3/1/2013). 

Menurutnya, rencana pengguliran mutasi sudah dilakukan sejak bulan Juli 2012 lalu. Sebanyak 356 pejabat dari eselon IV hingga II bergeser tempat. Alasan utama adalah penyegaran. Begitupun dengan mutasi yang akan digelar pada awal Januari 2013 ini. Kata Palal, juga untuk penyegaran dan efektifitas kinerja.
 
“Tujuan mutasi hanya semata mutu kerja pegawai  bisa lebih meningkat. Tidak ada tujuan lainya," paparnya.

Pada Juli 2012 lalu, ada sebanyak 206 orang pejabat strtktural yang termutasi. Kemudian selebihnya sebanyak 150 orang pejabat fungsional. Menurut Palal, pada mutasi kali ini jumlah pejabat yang termutasi diperkirakan bisa lebih besar lagi.

"Untuk semua itu, kami sudah memiliki semua penilaian kinerja," pungkasnya.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Abdul Munib berharap, mutasi berdasarkan profesionalitas dan kinerja para pegawai. Sebagai legislatif dia tidak ingin mutasi mengacu pada alasan like or dislike.

"Yang terpenting pejabat yang menempati posisinya benar-benar menguasai bidangnya. Dengan begitu pelayanan masyarakat bisa berjalan optimal. Bukan alasan faktor suka dan tidak suka," ujarnya singkat.


(rsa)

views: 1.178x
shadow