Kalimantan & Sulawesi

Minim petugas, Disnak latih tenaga inseminator

Kamis,  13 Desember 2012  −  01:03 WIB
Minim petugas, Disnak latih tenaga inseminator
Petugas Disnak Bone melatih tenaga inseminasi buatan. (andiilham/koransindo)

Sindonews.com - Minimnya petugas Dinas Peternakan (Disnak) yang melakukan pemeriksaan kebuntingan sapi (inseminator) di 27 kecamatan kabupaten Bone membuat mereka melakukan pelatihan dengan merekrut 10 peserta di 10 kecamatan.

Pelatihan Inseminator yang menggunakan swadaya murni ini berlangsung selama dua hari dengan sasaran bisa membantu masyarakat meningkatkan produktivitas populasi ternak di Kabupaten Bone.

Kepala Seksi Sumber Daya Manusia (SDM) Ir Hj A Yuliani Azis, mengatakan bahwa inseminasi mandiri swadaya ini dikaitkan dengan program swasembada daging.

Apabila pemerintah tidak segera melakukannya, maka program swasembada daging bisa terancam.

"Secara teknis program IB (Inseminasi Buatan) dengan menggunakan pejantan unggul dapat meningkatkan kelahiran, meningkatkan bobot lahir, meningkatkan mutu genetik dan meningkatkan produk baik daging maupun susu," katanya di kantor Disnak Bone, Rabu (12/12/2012).

Lanjut dia, bahwa pelatihan inseminator swadaya ini diharapkan agar para peserta dapat mengadopsi ilmu yang didapatkan dalam materi dan praktek yang dilakukan Dinas Peternakan.

Para peserta setelah lepas, akan diberikan secara cuma-cuma alat yang digunakan untuk inseminasi seperti kontainer yang terisi mani beku, termos, pingset dan sebagainya.

"Sejak program inseminator buatan ini, populasi ternak kita di Bone sudah mencapai 299 ribu ternak sapi ditahun 2011 dan tahun ini diharapkan akan ada peningkatan," katanya.

Salah seorang peserta, Rahmat asal kecamatan Libureng, menuturkan bahwa ilmu yang diserap melalui pelatihan ini nantinya akan menjadi bahan dasar untuk melakukan inseminator hewan ternak diwilayahnya.

Pasalnya, di daerahnya, terdapat inseminator swasta dan kehadiran dirinya yang bekerja sama dengan Dinas Peternakan bisa diberikan cuma-cuma.

"Ada 20 desa di kecamatan Libureng, selain itu wilayahnya luas dan warga banyak yang ingin melakukan inseminasi ternaknya,"  ujarnya.


(ysw)

views: 980x
shadow