Jawa Timur

Pasuruan gelar nikah massal 12-12-12

Rabu,  12 Desember 2012  −  19:16 WIB
Pasuruan gelar nikah massal 12-12-12
Nikah massal di KUA Pasuruan. (arieyoenianto/koransindo)

Sindonews.com - Kantor Urusan Agama (KUA) Pasuruan, Jawa Timur menggelar nikah massal pada tanggal 12 Desember 2012. Dalam pernikahan ditanggal istimewa ini, 17 pasangan dari keluarga tak mampu itu menucapkan ijab kabul.

Pasangan nikah massal ini sengaja dinikahkan pada tanggal 12-12-2012 pukul 12.12 WIB. Pemilihan tanggal cantik ini sengaja diberikan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pasuruan sebagai penyelenggara nikah massal.

"Bukan hanya artis saja yang bisa nikah pada tanggal istimewa seperti ini. Warga miskin juga punya kesempatan untuk menikah diwaktu istimewa," kata Makmur Salim, Kepala Kemenag Kota Pasuruan, seusai perayaan nikah masal dalam rangka Hari Amal Bhakti Kemenag ke 67, di Kantor KUA Pasuruan, Rabu (12/12/2012).

Untuk melengkapi kebahagiaan peserta nikah massal, lanjut Makmur Salim, selain tidak dipungut biaya mereka juga diberikan fasilitas seragam, uang mahar dan uang transport. Sebelum menikah, mereka juga diajak keliling kota dengan menumpang becak.

"Seusai akad nikah, mereka langsung diberikan buku akta nikah sebagai kelengkapan administrasi. Semuanya diberikan secara gratis," tandas Makmur.

Menurut Makmur, pernikahan massal ini sekaligus sebagai upaya untuk mempermudah masyarakat miskin mendapatkan akta nikah. Selama ini pasangan yang menikah secara sirih tersebut hanya dilakukan berdasarkan hukum agama saja.

Diantara pasangan warga miskin yang menikah tersebut adalah pasangan Mat Rabi (49) dan Riyamah (28). Riyamah ini merupakan istri ketiga dari Mat Rabi, karena kedua istrinya yang dahulu telah meninggal dunia.

"Mereka nampak bahagia dan meneteskan air mata karena terharu. Ini karena pernikahan mereka dilangsungkan pada waktu yang istimewa ini," ujar M Hakam, Kepala KUA Kecamatan Bugul Kidul yang menjadi penghulu dalam nikah masal tersebut.


(ysw)

views: 957x
shadow