Pilkada

Strategi pemenangan Dede-Lex sudah matang

Rabu,  5 Desember 2012  −  11:10 WIB
Strategi pemenangan Dede-Lex sudah matang
Dede Yusuf. (okezone)

Sindonews.com - Pasangan Dede Yusuf-Lex Laksamana terkesan hati-hati dalam melakukan sosialisasi Pilgub Jabar 2013. Tetapi sikap hati-hati ini sebenarnya sebagai strategi pemenangan.

"Strategi pemenangan kita ada, tapi nggak bisa dikeluarkan semuanya sekarang-sekarang, bertahaplah," kata Ketua Tim Pemenangan Koalisi Babarengan Didin Supriadin, di Bandung, Rabu (5/12/2012).

Kata Didin, koalisi Babarengan yang terdiri dari Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Kebangkitan Bangsa, saat ini sudah mencapai soliditas yang tinggi.

Nantinya, semua unsur partai Koalisi Babarengan itu akan turun melakukan pemenangan Dede-Laksamana mulai dari legislatif pusat (DPR) hingga legislatif daerah (DPRD) di Kabupaten/Kota di Jabar.

Selain itu, mesin partai koalisi Babarengan juga sudah disiapkan dari tingkat pusat (DPP) hingga ke anak ranting yang ada di kecamatan (PAC).

Lanjut Didin, mesin partai tersebut dibantu dengan relawan. "Yang menggembira relawan kita ada 43 kelompok. Ini membantu DPP hingga ke PAC kita yang sudah solid," ujarnya.

Menurutnya, sejak awal dibentuknya Koalisi Babarengan yang pertama-tama dibangun adalah kekompakan atau kesolidan. "Sekarang sesama partai anggota koalisi sudah sangat cair dan kompak," katanya.

Selanjutnya setelah membangun kekompakan, dimulailah gerakan sosialisasi pemenangan dengan menjalankan konsep babarengan. Teknisnya, ada kegiatan di masing-masing partai ada juga gerakan bersama.

Misalnya, partai Demokrat, Gerindra, PAN, PKB membuat acara sendiri-sendiri, begitu juga anggota DPR/DPRD-nya yang mensosialisasikan Dede-Laksamana kepada konstituennya.

"Tapi semua pergerakan terkoordinir oleh tim gabungan," terangnya.

Sedangkan gerakan "babarengan" misalnya saat deklarasi pasangan Dede-Laksamana. Didin menjelaskan, Koalisi Babarengan baru melakukan launching Dede-Laksamana ketika pendaftaran ke KPU Jabar 10 November lalu.

"Kita akan Deklarasi setelah penetapan calon dan nomor urut KPU 17 dan 18 Desember nanti, lalu kita deklarasi akbar," ungkapnya.

Dalam deklarasi ini semua partai akan terlibat, dari DPP hingga daerah . "Dalam deklarasi ada komitmen bersama bahwa wajib memenagkan pasangan ini," katanya.

Namun, Didin belum menyebutkan kapan dan di mana deklarasi akbar Dede-Laksamana. "Yang jelas kita tunggu penetpan calon dari KPU. Kalau sekarang kan masih bakal calon," urainya.

Didin menegaskan, deklarasi akbar ini sebagai bagian strategi pemenangan. Menurutnya partai lain melakukan deklarasi sebelum penetapan calon resmi dari KPU, sedangkan Koalisi Babarengan melakukannya setelah penetapan.


(ysw)

views: 962x
shadow