Sejumlah bendera GAM berkibar di Aceh

Selasa, 04 Desember 2012 - 14:10 WIB
Sejumlah bendera GAM berkibar di Aceh
Sejumlah bendera GAM berkibar di Aceh
A A A
Sindonews.com – Bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pagi tadi berkibar di Jalan Teuku Nyak Arief, Lampriet, Banda Aceh. Bendera itu diperkirakan dikibarkan orang tak dikenal dalam rangka memperingati milad GAM ke 36 tahun.

Menurut Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh AKP Erlin Tangjaya, bendera berkibar di jembatan penyeberangan pukul 07.50 WIB pagi tadi. Informasi berkibarnya bendera GAM diketahui dari salah seorang polisi lalu lintas di sekitar lokasi.

“Bendera itu ya diamankan sama petugas dari satuan lalu lintas Polrestas Banda Aceh,” jelasnya ketika dihubungi, Selasa (4/12/2012)

Pengibaran bendera juga terjadi di Kabupaten Pidie, polisi menyita belasan lembar bendera yang dikibarkan diberbagai lokasi publik di Kecamatan Pidie, Mutiara Timur, dan Muara Tiga.

Hingga berita ini diturunkan pihak kepolisian belum mengidentifikasi pelaku. Diperkirakan bendera dinaikkan dini hari tadi.

Kendati perdamaian sudah berlangsung tujuh tahun, namun setiap milad GAM tetap saja ada bendera yang berkibar. Dalam perjanjian damai antara pemerintah dan GAM, gerakan yang pernah dipimpin almarhum Hasan Tiro itu bubar dengan sendirinya.

Para mantan kombatan kemudian bernaung dalam Komite Peralihan Aceh (KPA), sementara aspirasi politiknya disalurkan lewat Partai Aceh (PA).

Panglima Komando Daerah (Kodam) Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Zahari Siregar, beberapa waktu lalu menyarankan pemerintah Aceh tidak menjadikan bendera GAM sebagai bendera Aceh. Menurutnya bendera itu berbau separatis dan bertentangan dengan Peraturan Pemerintah No 77 tahun 2007.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9917 seconds (0.1#10.140)