Kalimantan & Sulawesi

Pelajar dominasi kecelakaan lalu lintas

Senin,  3 Desember 2012  −  15:07 WIB
Pelajar dominasi kecelakaan lalu lintas
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Sindonews.com - Tingginya kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Maros sepanjang tahun 2012 yang mencapai angka 373 orang, ternyata lebih didominasi pelajar dan muda mudi.

Kasatlantas Polresta Maros AKP Husnaeni menegaskan, jumlah laka lantas itu dimulai sejak bulan Januari hingga bulan November. Meski tidak seluruhnya merupakan pelajar dan anak muda, tapi laka lantas itu lebih didominasi pelajar.

"Jumlah pastinya saya tidak hafal, tapi itulah data yang kami miliki," jelas Husnaeni, di Mapolres Maros, Senin (3/11/2012).

Kapolres Maros AKBP CF Horman Sirait menjelaskan, salah satu penyebab kecelakaan ini adalah banyaknya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan akibat kurangnya pengetahuan dan disiplin berlalu lintas di jalan raya.

"Selain itu etika berlalu lintas tidak nampak lagi," tegasnya.

Karenanya, Polresta Maros, dan Pemerintah daerah Maros melakukan kerjasama pengintegrasian disiplin berlalulintas ke dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah.

Bupati Maros HM Hatta Rahman mengemukakan, kerjasama tersebut merupakan upaya peningkatan pengetahuan dan pemahaman peraturan serta etika berlalu lintas di kalangan pelajar khusunya pada kelompok pelajar SD, SMP, SMA di Kabupaten Maros.

"Sebab disiplin berlalu lintas merupakan salah satu cerminan disiplin nasional yang menunjukkan harga diri atau martabat sebuah bangsa. Karenanya, disiplin dan etika berlalu lintas patut diajarkan di sekolah," ujarnya.

Hatta menuturkan, Pelajaran disiplin berlalulintas ini nantinya diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran peserta didik akan status. Hak dan kewajibannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta meningkatkan kualitas dirinya sebagai manusia.


(rsa)

views: 1.127x
shadow