Sumatera

16 Parpol di Tapteng tak lolos verifikasi

Rabu,  28 November 2012  −  03:08 WIB
16 Parpol di Tapteng tak lolos verifikasi
Ilustrasi (istimewa)

Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tapanuli Tengah (Tapteng) memberikan kesempatan kepada 16 partai politik (parpol) di daerah itu untuk melengkapi kekurangan berkas persyaratan untuk lolos sebagai peserta pemilu di daerah dari tanggal 27 November-3 Desember 2012.

"KPUD Tapteng telah melayangkan surat pemberitahuan soal ini kepada masing - masing parpol mulai hari ini," kata Ketua KPUD Tapteng Dewi Eilfriana melalui Divisi Humas Juaja Hutajulu kepada SINDO, Selasa (27/11) kemarin di kantor KPUD Tapteng di Pandan.

Juaja mengatakan, hal itu juga serangkaian hasil pelaksanaan verikasi tahap pertama yang dilakukan oleh tim verifikasi faktual KPUD Tapteng ke masing-masing parpol beberapa waktu lalu.

Dari hasil itu, ditemukan bahwa seluruh parpol belum memiliki kelengkapan administrasi sesuai harapan UU dan peraturan KPU pusat tersebut.

"Setelah masing-masing parpol diberi kesempatan memperbaiki berkas, pada tanggal 4-7 Desember 2012, tim verifikasi KPUD Tapteng akan kembali turun untuk melaksanakan verifikasi faktual tahap kedua ke 16 parpol tersebut," tutur Juaja Hutajulu.

Juaja menjelaskan, pasca verifikasi tahap kedua tersebut, tim verifikasi KPUD Tapteng kemudian akan menuangkan hasil verifikasi masing-masing parpol ke dalam berita acara pemeriksaan pada tanggal 18-19 Desember 2012.

"Sesuai jadwal, berita acara hasil verifikasi tahap kedua ini akan disampaikan ke KPU Propinsi pada tanggal 20–21 Desember 2012," sebut mantan Kabag Humas dan Sekwan DPRD Tapteng ini.

Sementara itu disebutkan, dari hasil verifikasi faktual tahap pertama, parpol yang tidak lolos rata-rata terkendala dengan jumlah keterwakilan perempuan yang tidak sampai 30 persen ditambah soal kekurangan Kartu Tanda Anggota (KTA).


(ysw)

views: 852x
shadow