Jawa Tengah & DIY

DPRD Karanganyar tagih jadwal pasti Pilkada 2013

Senin,  26 November 2012  −  01:00 WIB
DPRD Karanganyar tagih jadwal pasti Pilkada 2013
Ilustrasi (istimewa)

Sindonews.com – DPRD Karanganyar mempertanyakan belum adanya kepastian waktu pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2013 yang diputuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.
 
Wakil Ketua DPRD Karanganyar Tri Haryadi mengatakan, kepastian jadwal pemilihan seharusnya sudah diputuskan mengingat KPU sudah mengajukan anggaran pelaksanaan Pilkada.
 
“Hingga anggaran tersebut dibahas di dewan, belum ada kejelasan kapan waktu pasti penyelengaran Pilkada.  KPU seperti gamang menentukan tanggal pasti,” kata Tri, Minggu (25/11/2012).
 
Menurut dia kepastian ini jadwal Pilkada penting untuk diputuskan sejak jauh–jauh hari, menyusul adanya wacana dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Pilkada yang berdekatan dengan Pemilu legislatif dan Pemilihan Presiden harus ditunda atau dimajukan.
 
“Jika sudah ada jadwal pasti, maka pelaksanaan Pilkada juga bisa jelas apakah ditunda atau dimajukan kalau wacana ini benar–benar terjadi,” ujarnya.
 
Lebih lanjut Tri meminta, KPU segera berkordinasi dengan bupati selaku kepala daerah untuk memastikan jadwal pasti pelaksanaan Pilkada ini.

“Harus segera dipastikan jadwalnya karena anggarannya sudah diajukan,” imbuhnya.
 
Sementara itu Ketua KPU Karanganyar Sri Handoko mengakui sampai saat ini KPU belum menentukan jadwal pasti tahapan pemilihan Pilkada. Namun menurut dia, KPU sudah membuat draft awal tahapan Pilkada.

“Untuk hari coblosan kemungkinan tanggal 22 September,” katanya.
 
Dia menjelaskan, kemungkinan pelaksanaan pada tanggal 22 September tersebut sudah mempertimbangkan kemungkinan Pilkada berlangsung dua putaran dan kemungkinan adanya gugatan yang muncul pasca Pilkada. 

“Kami juga mepertimbangkan masa jabatan bupati yang habis tanggal 15 Desember,” imbuhnya.


(rsa)

views: 1.726x
shadow