Kalimantan & Sulawesi

Kabupaten Mamuju Tengah segera terbentuk

Kamis,  22 November 2012  −  14:36 WIB
Kabupaten Mamuju Tengah segera terbentuk
ilustrasi: dok. okezone

Sindonews.com - Akhir tahun ini, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dipastikan akan memiliki enam wilayah kabupaten. Jumlah ini dipastikan setelah Kabupaten Mamuju Tengah dimekarkan dari Kabupaten Mamuju.

Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh mengatakan pada Desember 2012 Sulbar memiliki enam kabupaten. Satu Daerah Otonomi Baru (DOB) tersebut adalah Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng). Pembentukan DOB menurutnya sudah tidak bisa ditawar lagi.

"Ini sudah pasti dan saya akan datang langsung di pengesahan UU pembentukan Mamuju Tengah oleh DPR RI pada Desember 2012 nanti. Saya akan hindari atau bahkan tunda agenda lain pada jam dan tanggal yang sama," kata Anwar.

Dengan tidak menyebutkan nominal, Anwar memastikan dana hibah untuk Mamuju Tengah akan lebih besar. Selain dana dari Pemprov Sulbar dan Pemkab Mamuju, Mamuju Tengah juga akan mendapat sejumlah kucuran dana dari pemerintah pusat.

Pada 2013, Sulbar juga akan memiliki daerah baru. Yakni Kotamadya Mamuju. Sesuai amanat undang-undang, lanjut Anwar, tidak boleh ada ibukota provinsi berstatus ibu kota kecamatan.

Ketua DPRD Mamuju Sugianto, mengatakan, seluruh stakeholder Mamuju sudah siap dengan lahirnya Mateng. Daerah kembali akan dimekarkan, setelah Mamuju Utara (Matra) pada 2004 silam.

Demikian juga kesiapan Mamuju untuk menjadi sebuah kotamadya. Namun saat ini, pemerintah Mamuju mash fokus pada lahirnya mateng.

"Saat konsinyering bulan Oktober 2012 lalu, kami ditanyai enam hal penting oleh Ketua Komisi II DPR RI. Enam hal itu mutlak dijawab dengan benar karena akan masuk pada pasal-pasal dalam undang-undang pembentukan Mamuju Tengah," paparnya.

Keenam hal penting itu adalah nama DOB, batas wilayah, ibu kota DOB, kesediaan Pemkab Mamuju untuk mengalihkan beberapa aset tidak bergerak, dana hibah dan kesiapan penempatan personel pemerintahan.

Dituturkan Sugianto, untuk nama DOB sudah jelas yakni Mamuju Tengah. Sedang batas wilayahnya adalah sebelah utara Kabupaten Matra, sebelah selatan Kabupaten Mamuju, sebelah timur Kabupaten Luwu Sulsel dan sebelah barat Selat Makassar.

"Kami juga sudah sebutkan nama ibu kota DOB, yakni Desa Benteng Kayu Mangiwang di Kecamatan Tobadak. Daerah ini tepat di pertigaan menuju Kecamatan Topoyo dan Budong-Budong dan memiliki sejarah berarti bagi warga Mamuju Tengah. Di desa ini dulu ada benteng pertahanan rakyat saat melawan penjajah Belanda," katanya.

Mengenai perpindahan aset, eksekutif dan legislatif Mamuju sudah mendata dan menyepakati menjadi milik Mamuju Tengah. Beberapa di antaranya adalah aset sejumlah kecamatan di kawasan Mamuju Tengah dan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pemkab sudah mengeluarkan persetujuan pembentukan Manuju Tengah, sehingga tidak ada alasan untuk menahan aset yang berada di sana.

"Kami juga sudah menyepakati memberikan dana hibah selama tiga tahun untuk persiapan pemerintahan sebesar delapan miliar rupiah dan persiapan Pilbub I Mamuju Tengah sebesar Rp5 miliar. Semua dituangkan dalam APBD pokok 2013," ujar Sugianto.


(azh)

views: 2.571x
Bagikan artikel ini :
shadow