Jawa Timur

Usulan UMK kabupaten lebih tinggi dari kota

Minggu,  11 November 2012  −  19:51 WIB
Usulan UMK kabupaten lebih tinggi dari kota
Ilustrasi (istimewa)

Sindonews.com - Nasib para pekerja di Kota Pasuruan tidak seberuntung rekan sejawatnya yang bekerja di Kabupaten Pasuruan. Meski berada dalam satu kawasan, selisih upah para pekerja didua tempat ini mencapai Rp500 ribu.

Pada usulan upah minimum kabupaten (UMK) 2013, Kota Pasuruan hanya berada pada angka Rp1.050.000. Sementara usulan UMK Kabupaten Pasuruan mencapai Rp1.552.650.

Kesenjangan upah yang telah berlangsung lama dikhawatirkan menjadi persoalan dikemudian hari. Apalagi kebutuhan hidup dikawasan kota lebih mahal jika dibandingkan dengan kawasan pedesaan.

Wakil Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jatim, Jazuli mengatakan, perbedaan besaran UMK didua kawasan ini sangat mencolok. Padahal Kabupaten dan Kota Pasuruan ini berada dalam kawasan yang sama.

"Kami minta agar dilakukan survei ulang. Agar penetapan UMK didua wilayah ini tidak terjadi kesenjangan yang tinggi. Gubernur Jatim harus meninjau ulang usulan UMK didua wilayah ini," kata Jazuli di Pasuruan, Minggu (11/11/2012).

Moch Faqih, Kepala Disnakersostrans Kota Pasuruan menyatakan, usulan UMK yang diajukan sudah mengacu kesepakatan para pihak. Usulan ini juga didasarkan hasil survei kebutuhan hidup layak (KHL) di Kota Pasuruan.

"Besaran usulan angka UMK sudah didasari dengan survei KHL yang dilakukan. Usulan ini juga telah disepakati Dewan Pengupahan," kata Faqih.

Pihaknya bersedia melakukan survei ulang jika saja Gubernur Jatim memintanya merevisi usulan UMK yang telah diajukan. Namun hingga saat ini pihaknya belum pernah mendapatkan perintah tersebut.


(ysw)

views: 1.078x
shadow