Negara-negara Pengguna Rafale, Jet Tempur Prancis yang Diborong Indonesia

Minggu, 13 Februari 2022 - 15:37 WIB
loading...
Negara-negara Pengguna Rafale, Jet Tempur Prancis yang Diborong Indonesia
Kemhan mengakuisisi 42 pesawat tempur multi peran Dassault Rafale, Prancis untuk menambah kekuatan udara Indonesia. Foto/reuters
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemhan) memutuskan mengakuisisi 42 pesawat tempur multi peran Dassault Rafale, Prancis. Hal itu ditandai dengan penandatanganan kontrak pembelian tahap pertama sebanyak 6 pesawat.

Akuisisi enam pesawat itu terjadi setelah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menhan Prancis Florence Farly melakukan pembicaraan panjang sejak 2019. Selanjutnya, Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemhan Marsda Yusuf Jauhari bersama dengan perwakilan Dassault Aviation melakukan kontrak pengadaan pesawat tersebut di Kantor Kemhan Jakarta, Kamis, 10 Febaruari 2022.



Selain mengakuisisi jet tempur Rafale, penandatangan kontrak enam unit tersebut juga sepaket dengan adanya dukungan latihan persenjataan dari Prancis. Termasuk simulasi dan transfer teknologi. Kesepakatan itu menjadikan Indonesia sebagai negara kedua di kawasan Indo-Pasifik setelah India yang mengandalkan jet tempur produksi Dassault Aviation.



Berdasarkan data yang dirilis dari website Dassault Aviation dan sumber lainnya yang dihimpun, beberapa negara ang sudah menggunakan pesawat tempur Rafale, buatan Prancis untuk memperkuat angkatan bersenjatanya, antara lain.

1. Kroasia

Kroasia membeli 12 unit pesawat tempur Dassault Rafale untuk memperkuat angkatan udaranya. Dari jumlah tersebut, delapan unit akan diterima pada 2024 sedangkan empat unit sisanya pada 2025.

2. Mesir

Negara Mesir membeli 54 jet tempur Rafale. Sebanyak 24 pesawat tempur telah digunakan negara tersebut sejak 2018.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)