Jawa Barat

Penderita HIV/AIDS Kuningan meningkat 200 persen

Kamis,  1 November 2012  −  18:28 WIB
Penderita HIV/AIDS Kuningan meningkat 200 persen
Ilustrasi (istimewa)

Sindonews.com - Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Kuningan tahun ini meningkat menjadi 27 orang dari sebelumnya hanya delapan orang pada tahun 2011 lalu.

Jumlah tersebut merupakan hasil pendataan dari Dinas Kesehatan dan PMI Kuningan dan masih menunggu pendataan dari RSUD '45. Faktor penyebab utama penularan virus yang mematikan diketahui karena pergaulan bebas dan para pengguna narkotika suntik (Penasun).

"Sebagian besar penderita HIV/AIDS adalah para pelaku transeksual dan pengguna narkoba suntik. Jumlah tersebut baru yang terdata oleh kami, bisa dipastikan jumlah penderita sebenarnya di lapangan bisa lebih besar lagi," kata Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Kuningan Toto Toharudin, Kamis (1/11/2012).

Maka itu, pihaknya telah membentuk program Pencegahan Melalui Transmisi Seksual (PMTS). Rencananya program tersebut akan dilakukan secara komprehensif bersama sejumlah lembaga yang peduli akan bahaya HIV/AIDS.

"Sasaran progam ini adalah mereka yang kerap berhubungan dengan dunia hiburan seperti panti pijat, bar, karaoke, spa, hotel dan diskotik. Kami akan memberi pemahaman tentang proses penularan penyakit HIV/AIDS dan upaya pencegahannya,” kata Toto.

Diakui, dalam pelaksanaan program tersebut pihaknya akan menemui banyak kendala di lapangan, namun dia yakin dengan upaya sosialisasi yang dilakukan perlahan dan bertahap,  program tersebut bisa berjalan sesuai harapan. Sehingga jumlah penderita HIV/AIDS di Kuningan bisa semakin ditekan.


(rsa)

views: 1.468x
Bagikan artikel ini :
shadow