Jawa Tengah & DIY

Wilayah di Jateng diminta siaga banjir

Jum'at,  26 Oktober 2012  −  20:01 WIB
Wilayah di Jateng diminta siaga banjir
ilustrasi: dok. okezone

Sindonews.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Bibit Waluyo menginstruksikan seluruh Bupati dan Wali Kota di Provinsi Jateng ini siaga menghadapi ancaman bencana musim penghujan.

“Surat edaran tentang kesiagaan menghadapi musim penghujan ini sudah saya kirimkan kepada para kepala daerah,” ungkap Bibit menjelaskan kepada wartawan, Jumat (26/10/2012)

Untuk urusan fisik, Bibit meminta, semua kepala daerah menyiapkan berbagai logistik, obat-obatan, maupun tempat penampungan. Jika sewaktu-waktu bencana terjadi, maka penanganan yang dilakukan lebih cepat.

“Di sisi lain, sosialisasi akan kerawanan daerah-daerah rawan bencana harus ditingkatkan, sehingga semua waspada,” terangnya. 

Mantan Pangkostrad ini mengakui, memasuki musim hujan, provinsi ini sangat rentan akan bencana alam. Mulai dari banjir, tanah longsor, maupun angin kencang.

“Atas dasar itu, untuk meminimalisir adanya korban dari bencana tersebut, sejumlah antisipasi terus dilakukan. Kewaspadaan atas bencana ini harus terus kita tingkatkan sejak dini,” katanya.

Apalagi, jelas dia, munculnya bencana alam itu tidak dapat diduga waktunya. Dengan adanya antisipasi sejak dini, setidaknya dampak yang ditimbulkan dari bencana itu dapat diminimalisasir.

“Pelatihan kepada para petugas maupun masyarakat untuk selalu siap menangani bencana juga terus kita lakukan,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi E DPRD Jawa Tengah Mahmud Mahfudz meminta sejumlah instansi terkait untuk terus mewaspadai sejumlah ancaman bencana alam di Jawa Tengah. Selain itu, pihaknya juga meminta, adanya upaya-upaya pencegahan.

“Dengan berbagai upaya pencegahan, bisa meminimalisir adanya korban dari bencana tersebut,” tandasnya.


(azh)

views: 926x
shadow