Jawa Timur

Blokir gerbang, buruh pabrik tuntut status

Selasa,  23 Oktober 2012  −  11:30 WIB
Blokir gerbang, buruh pabrik tuntut status
Ilustrasi (istimewa)

Sindonews.com - Ratusan buruh pabrik plastik PT Langgeng Makmur, Waru, Sidoarjo, kembali melakukan aksi demo dengan memblokir pintu gerbang pabrik.

Mereka menuntut perusahaan menepati janji mengangkat tenaga outsourcing menjadi karyawan tetap. 

Dalam surat perjanjian perusahaan sebelumnya, mereka dijanjikan akan diterima sebagai buruh pabrik dengan status karyawan tetap. Namun kenyataannya hingga kini status mereka masih outsourcing.

Tidak hanya itu, janji perusahaan untuk mempekerjakan kembali tenaga outsourcing yang di-PHK juga diabaikan. Manajemen malah mempekerjakan buruh baru dengan status karyawan tetap.
 
Sesuai perjanjian antara manajemen pabrik dengan buruh, tercatat ada sekira 150 buruh outsourcing lama yang akan diterima kembali bekerja di PT Langgeng Makmur dengan status karyawan tetap. 

"Kita menutup pabrik untuk memaksa manajemen mematuhi isi perjanjian," ujar Tarmidi koordinator aksi di depan pabrik PT Langgeng Makmur, Waru, Sidoarjo, Selasa (23/10/2012).

Dalam aksi blokir pintu pabrik ini, mereka terus meneriakkan tuntutannya pada manajemen pabrik. Buruh menilai manajemen pabrik tidak konsisten dalam menjalankan isi perjanjian dengan buruh.

Akibat aksi demo ini, aktivitas pabrik kembali lumpuh karena pintu utama pabrik ditutup buruh.

Terkait aksi buruh ini, hingga kini tidak ada satupun perwakilan perusahaan yang mau memberikan menemui buruh.


(ysw)

views: 1.075x
Bagikan artikel ini :
shadow