Mobilitas TNI tinggi, Warga Poso mulai mengungsi

Sabtu, 20 Oktober 2012 - 14:02 WIB
Mobilitas TNI tinggi, Warga Poso mulai mengungsi
Mobilitas TNI tinggi, Warga Poso mulai mengungsi
A A A
Sindonews.com - Peristiwa terbunuhnya dua polisi di wilayah Tamanjeka membuat warga disekitar lokasi ketakutan. Warga dalam beberapa hari terakhir mulai meninggalkan rumah mereka untuk untuk mengungsi, atau pulang ke kampung halaman mereka.

Begitulah, potret masyarakat Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Belasan warga, termasuk anak-anak yang duduk ditepi trans Sulawesi, menunggu bus umum yang melintas untuk mengungsi keluar dari Kabupaten Poso menuju ke Sulawesi Selatan.

Tampak sejumlah petugas kepolisian dari Polres Poso juga nampak membantu warga, untuk menahan setiap bus yang melintas. Tak hanya itu, anggota polisi juga ikut mencarikan tempat duduk yang masih kosong bagi warga tersebut.

Hamka (27), warga Desa Lape, yang tinggal disekitar lokasi Dusun Tamanjeka mengatakan, sejak peristiwa terbunuhnya dua anggota polisi yang kemudian diikuti dengan tingginya mobilitas aparat TNI Polri di wilayah itu, membuat warga menjadi ketakutan.

Warga merasa akan terjadi sesuatu yang dikhawatirkan mengancam keselamatan mereka. Sesuatu yang dimaksudkan kemungkinan akan adanya operasi oleh aparat keamanan yang digelar oleh aparat keamanan untuk mencari kelompok para pelaku.

Warga yang mengungsi umumnya ingin kembali ke kampung halaman mereka di Provinsi Sulawesi Selatan. Selama ini, mereka tinggal di wilayah itu dengan profesi sebagai petani coklat.

Warga berharap, situasi di Poso, khususunya di sekitar Dusun Tamanjeka dan Weralulu akan kembali normal sehingga warga bisa kembali beraktifitas normal.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6132 seconds (0.1#10.140)