Jawa Timur

Sapi & kambing kontes perebutan piala bupati

Selasa,  16 Oktober 2012  −  08:57 WIB
Sapi & kambing kontes perebutan piala bupati
Ilustrasi. (wordpress)

Sindonews.com - Sekitar 114 sapi dan 151 kambing se-Jawa Timur, mengikuti kontes memperbutkan piala Bupati di halaman Stadion Kanjuruhan Kepanjen. Berbagai jenis mengikuti kontes, seperti sapi jenis limosin, brahma, bakalan kreman, dan sapi perah.

Selain itu, 151 jenis kambing berbagai jenis juga ikut kontes ini, seperti peranakan etawa, domba garut jenis petarung, dan domba pantat gemuk.

Menurut Kepala Dinas Peternakan Sujono, jumlah peserta tahun ini meningkat 10 persen dibanding sebelumnya. Peserta terbagi dalam katagori sapi potong, calon induk, induk, kreman dan sapi ekstrim. Sementara untuk kambing, terbagi dalam tujuh katagori, yakni katagori kelas a, b, c jantan betina, dan katagori ekstrim.

"Penilaian tim juri dalam kontes ini, meliputi berat badan, bentuk proposional ternak, usia ternak, serta alat reproduksi seperti puting dan kelamin. Kontes ini digelar untuk mengairahkan produksi hewan para peternak, agar mampu bersaing dengan masuknya daging impor," pararnya, di Jawa Timur, Selasa (16/10/2012).

Sementara itu, menurut Kosim pemenang pertama katagori sapi bakalan kreman, selama tiga bulan mempersiapkan sapinya, dia selalu rutin memandikan dan memberikan makanan bergizi, sehingga berat badan sapinya meningkat 1,5 kilogram tiap hari.

"Setiap hari saya mandikan biar makannya lahap," ujarnya.

Dalam kontes kali ini, pemenang pertama katagori calon induk Sunaryanto, dari turen, katagori induk Wasihid, dari wajak, ektrim dimenangkan oleh sapi milik Imam Bukhori, dari Dampit, Kabupaten Malang, seberat 1.249 kilogram, dengan harga jual Rp120 juta rupiah.

Sementara itu, sejumlah pemilik kambing dan sapi dari berbagai penjuru kota seperti Kediri, Ponorogo, Tuban Ponorogo dan Malang ini, sempat kewalahan saat berusaha menggiring hewan ternak menuju tempat penilaian.


(mhd)

views: 1.039x
shadow