Jawa Timur

Suku Tengger rayakan nyadran

Rabu,  10 Oktober 2012  −  10:52 WIB
Suku Tengger rayakan nyadran
foto: dok. sindonews

Sindonews.com - Ratusan warga Suku Tengger di Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, di lereng Gunung Bromo, tempat pemakaman leluhur setempat untuk mengkuti peringatan nyadran.

Peringatan nyadaran adalah kegiatan tasyakuran di pemakaman, yang digelar pada bulan kedua kalender saka, dan rutin digelar setiap tahun.

Kemudian, usai pembacaan sambutan dan doa oleh Ketua Adat, ratusan warga langsung menyantap makanan yang di bawa dari rumah bersama seluruh anggota keluarga di pemakaman.

"Perayaan nyadran ini degelar sebagi bentuk syukur kepada Tuhan dan sebagai peringatan hidup mati manusia, agar selalu ingat kepada sang pencipta. Acata ini dilakukan secara turun-temurun," kata Kepala Desa Ngadas Kartono, kepada wartawan, di Jawa Timur, Rabu (10/10/2012).

Selain itu, selama satu hari perayaan nyadran ini seluruh aktifitas warga libur, seperti sekolah maupun bekerja di ladang. Aktifitas warga libur, karena peringatan nyadran merupakan puncak acara hari raya karo, yakni hari raya khusus suku tengger.

Lanjutnya, dalam acara tersebut ratusan warga dihibur dengan iring-iringan kuda poni yang berjoget mengikuti alunan irama musik jawa.

"Iring-iringan kuda poni yang mampu menari-nari, mengikuti alunan irama musik jawa. Kuda poni ini akan berhenti menari bila musik berhenti," terangnya.


(mhd)

views: 1.319x
shadow