DPT Pilbub Brebes amburadul

Jum'at, 05 Oktober 2012 - 15:51 WIB
DPT Pilbub Brebes amburadul
DPT Pilbub Brebes amburadul
A A A
Sindonews.com - Data pemilih pada Pemilihan Bupati (Pilbup) di Brebes sampai saat ini masih amburadul. Pasalnya, masyarakat menemukan adanya warga yang belum mendapatkan undangan atau hak pilihnya, serta kekeliruan data yang amburadul.

Padahal Pilbup Brebes akan digelar Minggu 7 Oktober 2012 mendatang. Yang artinya, saat ini adalah saat memasuki hari-hari terakhir jelang Pilbup.

Menurut Koordinator Gerakan Berantas Korupsi (Gebrak) sekaligus pemeduli politik lokal Muhamad Darwanto mengatakan, pihaknya mendapat banyak keluhan dari warga setempat terkait amburadulnya data pemilih. Mereka rata-rata mengeluh karena tidak memperoleh undangan untuk pencoblosan Pilbup nanti.

Mereka mengaku baru kali ini tidak mendapatkan hak pilihnya dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hal itu berbeda dengan beberapa proses politik sebelumnya seperti pilbup, pemilihan legislatif (Pileg) sampai pemilihan gubernur (pilgub), mereka selalu masuk dalam DPT.

Ironisnya lagi, jumlah mereka yang tidak masuk DPT mencapai puluhan orang.

Darwanto mencontohkan, dari laporan yang diterima dari Tempat Pemilihan Suara (TPS) 26 Desa Slatri, Kecamatan Larangan. Tercatat, ada sebanyak 26 orang pemilih yang tidak masuk DPT.

"Itu baru satu sampel di satu TPS," ungkap Darwanto saat meminta klarifikasi di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Brebes, Jumat (5/10/2012).

Tidak menutup kemungkinan daerah lain di Brebes yang mengalami hal serupa. Sebab, pihaknya menerima keluhan serupa dari warga di Kecamatan Bulakamba, Kecamatan Larangan dan lainnya.

Sampai saat ini, pihaknya masih berupaya mencari kasus serupa atau kasus yang merugikan pemilih di kecamatan lain. Hal itu dilakukannya guna mengantisipasi adanya pihak peserta politik yang menyalahgunakan proses pilbup mendatang.

"Masalah seperti ini rawan pemanfaatan pihak yang ingin mengacaukan pilbup," tandasnya.

Ketua KPU Brebes Masykuri mengatakan, seluruh data pemilih yang masuk dalam DPT Pilbup 2012 itu berpatokan pada data yang diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat pada 10 April 2012 lalu.

Pilbup Brebes memiliki dua pasangan cabup yakni nomor urut 1 Agung Widyantoro-Athoillah (TAAT) dan nomor urut 2 Idza Priyanti-Narjo (IJO).
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6425 seconds (0.1#10.140)