Biaya pelantikan gubernur di DIY akan dikurangi

Senin, 01 Oktober 2012 - 14:24 WIB
Biaya pelantikan gubernur di DIY akan dikurangi
Biaya pelantikan gubernur di DIY akan dikurangi
A A A
Sindonews.com - Penggunaan anggaran untuk pelantikan gubernur yang digelar 9 Oktober nanti rencananya akan ditekan. Meski sudah disetujui di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2012, penggunaan anggaran tidak akan digunakan seluruhnya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X akhirnya memutuskan biaya pelantikan yang telah dianggarkan akan ditekan. Dari perhitungan sementara yang dilakukan, diperkirakan jumlah yang dikeluarkan tidak lebih dari Rp1 miliar. Sementara anggaran pelantikan yang ditetapkan di APBD Perubahan 2012 nilainya mencapai Rp1,6 miliar.

"Biaya untuk pelantikan Rp 1 miliar saja tidak sampai kok. Tidak usah bermewah-mewah," ungkap HB X, Senin (1/9/2012).

Kendati sudah dianggarkan, menurutnya dana yang disiapkan tidak harus dikeluarkan atau dipergunakan. Salah satu yang diperkirakan akan cukup mengurangi biaya adalah konsumsi untuk setidaknya sekira 10.000 masyarakat yang akan datang menyaksikan secara langsung proses pelantikan.

Di dalam Rencana Kebijakan Anggaran (RKA), untuk masyarakat tersebut telah disiapkan konsumsi dengan nilai Rp25.000 per orang. Konsumsi dalam bentuk nasi kardus tersebut menurut HB X, akan dibiayai dengan bantuan dari sejumlah pengusaha.

"Untuk konsumsi yang 11.000 orang berupa boks mau dibiayai teman-teman (pengusaha) kan tidak perlu pakai anggaran yang Rp1,6 miliar. Meskipun sudah dianggarkan, kalau tidak saya keluarkan kan tidak apa-apa," tandasnya.

Ditegaskan HB X, anggaran sebesar Rp1,6 miliar merupakan plafon anggaran yang disiapkan. Sebagai plafond, nilai yang disiapkan adalah angka maksimal yang dapat dipergunakan.

Sementara dari penilaian HB X, jika anggaran yang disiapkan adalah angka maksimal yang akan dikeluarkan. Maka tidak akan menjadi masalah jika realisasinya tidak melebihi persiapan.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5178 seconds (0.1#10.140)