Jawa Tengah & DIY

Awas, bahaya limbah di Sungai Yogyakarta

Selasa,  11 September 2012  −  09:39 WIB
Awas, bahaya limbah di Sungai Yogyakarta
Ilustrasi. (Okezon.com)

Sindonews.com - Tiga sungai yang melintas di Kota Yogyakarta, yaitu sungai Code, Winongo, dan Gajah Wong masih banyak limbah sampah maupun limbah cairnya. Bahkan, dua sungai di antaranya, yaitu Winongo dan Gajah Wong berbahaya bila airnya dimanfaatkan untuk dikonsumsi oleh warga sekitarnya, karena limbah sampah dan cair masih cukup banyak.

Dikatakan oleh Staff Sub Bidang Pemulihan Lingkungan Magaliasih yang didampingi oleh Kabid Pengawasan dan Pemulihan Lingkungan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Yogyakarta, Ika Rostika mengatakan, limbah cair sendiri dihasilkan dari pembuangan limbah perusahaan atau rumah sakit dan juga limbah yang dikeluarkan dari pemukiman warga.

Cara mengantisipasinya sendiri, dari limbah industri atau rumah sakit dengan menggunakan aturan pembuatan Intalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal).

Sementara untuk limbah yang dikeluarkan dari pemukiman warga, dengan cara sosialisasi dari pihak petugas BLH ke masyarakat secara langsung. "Memang untuk ketiga sungai, masalah limbah cairnya masih cukup parah," katanya, Senin 10 September 2012 kemarin.

Ditambahkannya, untuk Sungai Code sendiri limbah berupa sampah sampai saat ini masih sedikit tertolong, karena masih ada sedikit banyak efek dari banjir lahar dingin Merapi pada tahun 2010-2011 lalu. Pasalnya, sampah-sampah itu terbawa arus banjir lahar dingin.

"Sampah di Code sampai sekarang sedikit berkurang dibandingkan kedua sungai lainnya,” ucapnya.

Dia mengakui, untuk menekan adanya limbah cair yang dikeluarkan dari pemukiman masyarakat, pihaknya sendiri juga merasa terbantuk oleh beberapa paguyuban di masyarakat.

"Di dalam masyarakat sudah ada paguyuban mengenai bagaimana menciptakan sungai yang sehat, kita merasa cukup terbantu dengan adanya paguyuban itu," paparnya


(mhd)

views: 1.672x
Bagikan artikel ini :
shadow