Jawa Timur

26 Parpol daftar peserta Pemilu 2014

Sabtu,  8 September 2012  −  05:31 WIB
26 Parpol daftar peserta Pemilu 2014
Ilustrasi (dok.istimewa)

Sindonews.com – Sekitar 26 partai politik (parpol) di Kabupaten Bangkalan, diperkirakan akan mendaftar menjadi peserta Pemilu 2014. Pendaftaran parpol tersebut, sesuai dengan ketentuan batas akhir di KPU setempat, yang dalam jadwal berakhir Jumat 7 September 2012.

Ketua KPU Bangkalan, Fauzan Jakfar, menyatakan, hingga petang sudah ada 24 parpol yang mendaftara dan menyerahkan berkas persyaratan administrasi ke kantor KPU setempat. Seluruh berkas parpol tersebut, sudah diterima dan tinggal menunggu tahap verifikasi lebih lanjut.

“Sejauh ini ada 24 parpol yang resmi sudah mendaftar. Sisanya, ada dua parpol lain yang mengkonfirmasi mau daftar, jadi diperkirakan kurang lebih ada sebanyak 26 parpol,” ujarnya, Jumat (7/9/2012).

Fauzan menjelaskan, secara rinci dia masih belum hafal dari 26 parpol yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2014 tersebut. Cuma, sebagian besar adalah parpol yang mempunyai kursi di DPRD Bangkalan. Untuk partai baru seingat dia, pertama kali yang mendaftar adalah Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Untuk dua parpol yang menyusul mendaftar ke kantor KPU, dia memberi jatah waktu sampai petang kemarin. Bila tidak segera mendaftarkan diri dan menyerahkan berkas-berkas administrasi, dia menyatakan tidak segan-segan untuk meninggalkan atau tidak menunggu parpol tersebut.

“Yang konfirmasi ke saya, salah satunya adalah PDIP yang akan menyusul. Ya, kami tunggu sesuai dengan batas akhir pengajuan dan bila tidak datang, secara otomatis gugur,” terang Fauzan.

Dia menambahkan, berdasar ketentuan yang ada, untuk batas akhir pendaftaran parpol peserta Pemilu 2014 jatuh pada Jum’at kemarin. Selanjutnya, pihak KPU akan melakukan verifikasi faktual dan administrasi, termasuk di dalamnya melakukan verifikasi terhadap Kartu Tanda Anggota (KTA) yang dilampirkan.

“Semua yang ada dalam ketentuan akan kami verifikasi, termasuk juga yang berkaitan dengan KTA,” tambahnya.

Sementara itu, sekretaris DPC PKNU Bangkalan, M. Muzakki, menyatakana, partainya sudah mendaftar ke KPU setempat, sekitar pukul 10.00 WIB.

Dia mengaku juga telah melengkapi seluruh berkas administrasi, sesuai dengan aturan mengenai persyaratan peserta Pemilu 2014.

“Sebanyak 1.350 KTA juga telah dilampirkan, termasuk persyaratan lain yang diatur dalam aturan KPU,” ucapnya.


(ysw)

views: 1.369x
shadow