Kalimantan & Sulawesi

Sulbar tuan rumah Kemah Budaya Nasional

Jum'at,  7 September 2012  −  09:03 WIB
Sulbar tuan rumah Kemah Budaya Nasional
Foto: Istimewa

Sindonews.com - Sulawesi Barat (Sulbar) akan menjadi tuan rumah pada even Kemah Budaya Nasional III pada tanggal 20 Oktober 2012 sampai 2 November 2012. Sebelumnya, kegiatan ini digelar di Bali dan Pacitan Jawa timur.

Ketua Kwarda Pramuka Sulbar Andi Ibrahim Masdar, mengatakan, Kemah Budaya Nasional III nanti akan digelar di Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Salah satu pertimbangannya adalah di daerah ini terdapat banyak situs sejarah dan kerajaan. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka.

"Persiapannya sudah dibicarakan dengan pak Gubernur. Dari Kwarnas juga hadir. Tujuan Kemah Budaya Nasional ini sudah tentu untuk melestarikan budaya. Dan ini merupakan wujud empaty pramuka," tuturnya, kemarin.

Kemah Budaya Nasional rencananya akan dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dan ditutup oleh Ketua Kwarda Sulbar.

Ibrahim merincikan, peserta berasal dari 33 provinsi dengan total peserta sekitar 700 peserta. Dalam kegiatan, setiap peserta akanmemperkenalkan budaya masing-masing. Termasuk makanan tradisonal.

"Sesuai instruksi presiden pada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, kepramukaan harus digalakkan kembali. Karena banyak sekali manfaatnya. Terutama soal memilah dan memilih mana yang baik dan buruk," kata Ibrahim.

Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, menegaskan, walaupun provinsi baru namun semangat tidak akan kalah dengan daerah-daerah lain. Buktinya dua kali berturut-turut menjuarai Karnaval Budaya Nasional di Istana Presiden KJJakarta. Dia berkomitmen akan mendorong budaya yang ada di Sulbar.

"Nanti harus perlihatkan dalam even. Pemerintah akan memberikan fasilitas dan keamanan dengan baik-baiknya selama kegiatan berlangsung. Besok (hari ini) saya akan ke lokasi untuk melihat semua persiapan," tuturnya.


(azh)

views: 2.093x
shadow