Kalimantan & Sulawesi

NasDem Tana Toraja yakin lolos verifikasi

Jum'at,  10 Agustus 2012  −  14:35 WIB
NasDem Tana Toraja yakin lolos verifikasi
foto: Dok. okezone

Sindonews.com - Partai NasDem Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), mendaftar sebagai peserta pemilihan umum (Pemilu) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja. Dengan persyaratan yang diajukan, Partai NasDem yakin bakal lolos verifikasi untuk menjadi partai peserta Pemilu 2014.

Berkas kelengkapan dan syarat kelengkapan diserahkan langsung Ketua DPD Partai NasDem Tana Toraja dan diterima sekretaris KPU Tana Toraja, Yunus Palebangan.

“Partai NasDem merupakan parpol pertama yang mendaftar di KPU Tana Toraja sebagai peserta pemilu,” ujar Ketua KPU Tana Toraja, Luther Pong Re’kun menjelaskan kepada wartawan, Jumat (10/8/2012).

Dia mengatakan, berkas dan kelengkapan Partai Nasdem yang diterima KPU Tana Toraja di antaranya, Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai serta daftar pengurus Partai tingkat kabupaten dan kecamatan. Sesuai persyaratan, KTA yang diserahkan parpol minimal seperseribu dari jumlah penduduk setempat.

Jumlah penduduk kabupaten Tana Toraja per Juni 2012 sebanyak 276.889 jiwa sehingga KTA yang diserahkan parpol di Tana Toraja minimal 276 buah. Akan tetapi, jumlah KTA yang diserahkan pengurus Partai NasDem Tana Toraja sebanyak 986 buah.

Begitu juga dengan jumlah pengurus di kecamatan minimal 50 persen dari jumlah kecamatan di kabupaten. Jumlah kecamatan yang ada di Tana Toraja sebanyak 19 kecamatan. Dengan begitu parpol yang mendaftar sebagai peserta pemilu minimal memiliki 10 pengurus kecamatan. Saat mendaftar, Partai NasDem menyerahkan berkas pengurus di 19 kecamatan.

Verifikasi faktual parpol akan dilakukan dalam waktu dekat. KPU akan turun langsung ke lapangan untuk mengecek kebenaran berkas dan kelengkapan yang diserahkan parpol saat mendaftar. Termasuk KTA yang tidak menutup kemungkinan ada yang ganda maupun fiktif serta pengurus partai yang dibentuk di kecamatan.

“Berkas dan kelengkapan yang diserahkan Partai NasDem akan kami verifikasi ulang. Saat ini berkas pendaftaran Partai NasDem baru tahap verifikasi administrasi,” ujanya.

Ketua DPD Partai Nasdem Tana Toraja, Simon Tandi Bua optimistis Partai NasDem lolos verifikasi sebagai peserta pemilu. Semua persyaratan pendaftaran yang ditetapkan penyelenggara pemilu sudah dipenuhi Partai NasDem Tana Toraja. Termasuk pengurus partai tingkat kecamatan sudah terbentuk di 19 kecamatan di Tana Toraja.

“Partai NasDem di Tana Toraja siap diverifikasi. Kami optimistis, Partai NasDem akan lolos sebagai peserta pemilu,” ujarnya.

Partai NasDem di Tana Toraja siap bekerja keras menghadapi pemilu 2014 mendatang. Bahkan, Partai NasDem sudah menargetkan calon anggota legislatif di setiap daerah pemilihan (Dapil) di Tana Toraja meraih minimal satu kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).


(azh)

views: 992x
shadow