Jawa Tengah & DIY

Kampanye usai, Jokowi pantau Solo

Selasa,  10 Juli 2012  −  08:59 WIB
Kampanye usai, Jokowi pantau Solo
foto: Dok. okezone

Sindonews.com - Calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali beraktivitas menjalankan roda pemerintahan selaku kepala daerah di Kota Solo. Setelah menghabiskan masa cuti kampanye, Jokowi, demikian dia akrab disapa, memulai dinasnya dengan menandatangani berkas-berkas sejak pagi hingga menjelang siang.

Setelah itu dirinya berkeliling kota meninjau sejumlah pengerjaan fisik, antara lain shelter pedagang Pasar Kliwon di area Benteng Vastenburg, Gapura Makuta, shelter PKL Manahan, dan mengikuti rapat Paripurna DPRD. Setelah merampungkan kegiatan kedinasannya itu, Jokowi bersiap ke Jakarta untuk memantau coblosan, Rabu besok 11 Juli 2012.

”Izinnya sudah diproses BKD (Badan Kepegawaian Daerah) yang disampaikan ke Gubernur,” kata Jokowi, Senin 9 Juli 2012.

Dalam kesempatannya di Jakarta saat pencoblosan, dirinya dijadwalkan mengantar Ketua Umum DPPP DIP Megawati Soekarnoputri memberikan suaranya. Meski tak memiliki hak suara, Wali Kota Solo dua periode ini merasa berhak mengawasi jalannya coblosan sampai penghitungan hasil suara real count di Posko pemenangan. Bahkan dia meminta real count bisa disaksikan masyarakat Kota Solo di kantor DPC PDIP kota itu.

Dia memungkinkan segera pulang ke kampung halaman lagi setelah menyelesaikan aktivitas di Jakarta Rabu besok. Cagub DKI yang berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini optimistis meraup sedikitnya 35-40 persen suara serta mengungguli pasangan cagub incumbet Fauzi Bowo yang berpasangan dengan Nachrowi Ramli.

Kantong suara Jokowi-Ahok, klaim dia, berasal dari Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Wakil Ketua DPRD Kota Solo, Supriyanto menilai Jokowi tidak harus berada di Jakarta pada saat pemilihan besok. Apalagi, Jokowi tidak memiliki hak suara dalam pencoblosan.

Mengingat di Solo Jokowi dinanti segudang tugas, maka proses pemantauan pencoblosan di Jakarta bisa dilakukan di Kota Bengawan.Politisi Partai Demokrat ini berharap Jokowi lebih memprioritaskan penyelesaian pekerjaan yang tertunda selama cuti kampanye.


(azh)

views: 893x
shadow