Banser NU siap amankan Natal

Sabtu, 24 Desember 2011 - 04:08 WIB
Banser NU siap amankan Natal
Banser NU siap amankan Natal
A A A
Sindonews.com - Barisan Serbaguna Nadhatul Ulama (Banser) Gunungkidul, Yogyakarta, menyatakan siap ikut mengamankan sejumlah gereja pada perayaan Natal.

Menurut Kepala Satuan Korcab Banser Gunungkidul Wagiman, sesuai perintah dari pusat pihaknya memiliki kewajiban untuk ikut membantu mengamankan seluruh wilayah Indonesia. ”Ya, termasuk dalam perayaan Natal, itu bagian dari tugas kami,” katanya kepada wartawan, Jumat (23/12/2011).

Dijelaskannya, Banser Gunungkidul sudah menerima beberapa permintaan bantuan pengamanan dari gereja di Wonosarai. Pihaknya sudah menyiapkan 50 personel dari 18 kecamatan. “Surat dari gereja di Bandung dan Wonosari sudah masuk ke kami,” imbuhnya.

Wagiman menjelaskan, sudah tiga tahun ini ikut serta dalam membantu pengamanan perayaan Natal. “Banser setiap tahun selalu ikut bersama pihak kepolisian mengamankan Natal di Gunungkidul,” ujarnya.

Sementara dihubungi terpisah, Kapolres Gunungkidul Asep Nalaludin mengatakan pihaknya akan merangkul ormas untuk ikut mengamankan sejumlah gereja pada saat perayaan Natal. ”Kami harapkan bantuan dari masyarakat termasuk ormas untuk menjaga kantibmas,” katanya.

Asep menjelaskan untuk pengamanan dalam perayaan Natal 2011 dan Tahun Baru 2012 dipersiapkan sebanyak 800 personel gabungan antara Kepolisian, Kodim 0730, Linmas, Dishubkominfo, Disbudpar, PMI, Dinas Kesehatan, Tim SAR, RAPI dan jajaran terkait. Satuan ini diterjunkan dalam pengamanan meliputi empat sasaran yakni, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, terminal, dan objek wisata.

Khusus pengamanan gereja akan dilakukan dua hari menjelang perayaan Natal digelar terhadap 104 gereja yang digunakan untuk kebaktian dan misa Natal. ”Kita berharap pelaksanaan hari besar agama dan tahun baru tersebut berjalan sebagaimana diharapkan dan terbebas dari berbagai gangguan,” pungkasnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4509 seconds (0.1#10.140)