Pilkada

Pilkada Wajo, tiga pemilih siluman diringkus Brimob

Bulan Sri Indra Maya

Rabu,  18 September 2013  −  14:13 WIB
Pilkada Wajo, tiga pemilih siluman diringkus Brimob
Ilustrasi (Dok SINDOphoto)

Sindonews.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dihelat hari ini diwarnai kericuhan.

Tiga orang pemilih siluman ditangkap dan dipukuli, sesaat setelah melakukan pencoblosan. Ketiganya langsung dievakuasi agar tidak diamuk massa.
 
Kericuhan tersebut, terjadi di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02, di Jalan Andi Magga, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo. Ketiga pemilih tersebut masing-masing bernama Cullang, Agung dan Rais, yang merupakan warga asal Kabupaten Gowa. Ketiganya diketahui berprofesi sebagai pekerja bangunan.
 
Belakangan diketahui bahwa ketiga orang tersebut mendapat kartu pemilih dari salah satu calon kandidat. Ketiganya terpaksa langsung dievakuasi oleh pihak kepolisian dari satuan Brimob bersenjata lengkap, lantaran banyaknya ratusan warga yang marah dan berusaha menghakimi ketiga pelaku.

"Ya ada tiga yang diamankan aparat kepolisian, mereka pemilih siluman yang disuruh salah satu kandidat," jelas ketua salah satu kandidat, Sayuti, Rabu (18/9/2013).
 
Sayuti membenarkan bahwa ketiga pelaku tersebut terpaksa dia amankan karena ketiganya merupakan pemilih siluman yang disuruh oleh salah satu kandidat.
 
Tak berhenti disitu, sejumlah simpatisan yang marah kembali mendatangi rumah salah seorang pemilih yang dianggap siluman. Warga langsung mengepung rumah tersebut.

Beruntung, puluhan simpatisan tersebut mendapati rumah dalam keadaan kosong sehingga simpatisan yang sudah marah tersebut kembali ke poskonya. Meski demikian, pencoblosan tetap berlangsung dengan pengawalan ketat aparat keamanan dengan senjata lengkap.
 
Diketahui, Pilkada Wajo diikuti enam kandidat. Masing-masing adalah, kandidat pertama, Sanusi Karateng - Surya Agraria; kKandidat kedua, Safri Modding – Rahman Rahim; Kandidat ketiga, Andi Asriadi Mayang - Saidiman; Kandidat ke empat, Suriadi Melo – Sabaruddin; Kandidat ke lima, pasangan incumben Burhanuddin Unru - Syahrir Kude; dan kandidat nomor urut enam, Amran Mahmud – Yusuf Korosi.

 

(rsa)

shadow