Pilkada

Bukan keluarga Atut, 2 calon Golkar kalah di Banten

Bukan keluarga Atut, 2 calon Golkar kalah di Banten
Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah (dok:Istimewa)

Sindonews.com - Lantaran diduga tidak punya hubungan kerabat dengan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, dua calon kepala daerah yang diusung Partai Golkar, kalah di Kota Tangerang, dan Kabupaten Lebak. Sementara mereka yang memiliki hubungan darah, dipastikan menang.

Seperti dalam perhelatan Pilkada Kota Serang misalnya. Adik tiri Atut TB Haerul Jaman dan pasangannya Sulhi Choir, dinyatakan unggul dalam perhitungan cepat (quick count) Konsultan Citra Indonesia, dengan perolehan suara mencapai 56,89 persen.

Dua calon yang diusung Partai Golkar tersebut, untuk Kabupaten Lebak pasangan Amir Hamzah-Kasmin (Ketua DPD Golkar Lebak) dan pasangan Abdul Syukur (DPD Golkar Lebak)-Hilmi Fuad. Mereka dikalahkan oleh kader Partai Demokrat Iti Oktavia yang berpasangan dengan Ade Sumardi, kader PDI Perjuangan.

Sementara di Kota Tangerang, kader Golkar dikalahkan oleh kader Demokrat Arief R Wismansyah-Sachrudin. 

Menyikapi hal itu, Ketua DPD Golkar Provinsi Banten Hikmat Tomet membantah. Menurutnya, tidak benar hubungan kerabat itu yang menjadi penentu pasangan calon kepala daerah di wilayah Banten.

“Tidak benar, mesin partai telah bergerak dan DPD Banten turun, serta berusaha memenangkan calon yang di usung Golkar," kata Hikmat Tomet, di Cipocok Jaya, Kota Serang, Kamis (5/9/2013).

Kekalahan calon yang diusung Golkar di Kabupaten Lebak, diakui karena masih kuatnya pengaruh Mulyadi Jayabaya (orang tua Iti Oktavia) yang sangat mengakar di masyarakat.

"Tapi, tugas saya dari DPP Golkar, saat ini memenangkan Golkar di Lebak dan memperoleh kursi sebanyak–banyaknya pada pemilihan Legislatif 2014 mendatang," bebernya.

Namun, Partai Golkar tidak akan diam dan akan melakukan langkah-langkah hukum, karena masih ada celah untuk melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait kecurangan pada Pilkada Kabupaten Lebak dan Kota Tangerang.

"Sekarang kita telah siapkan untuk melakukan gugatan, dan saat ini masih dalam pengumpulan data," ungkapnya.

Sementara itu, Calon Legislativ Partai Golkar untuk DPR yang mencalonkan di daerah pemilihan Kabupaten Lebak dan Pandeglang Andika Hazrumy mengatakan, 36 persen perolehan suara pasangan Amir Hamzah-Kasmin di Pilkada Lebak dianggap sudah maksimal dan murni suara Golkar.

“Sebab sebelum pilkada kita pernah survei, tingkat perolehan suara diprediksi hanya 17 persen,” jelasnya.

(san)

views: 2.460x
shadow