Jawa Barat & Banten

Jatah CPNS Jabar untuk pelamar umum hanya di 4 daerah

Jatah CPNS Jabar untuk pelamar umum hanya di 4 daerah
Ilustrasi (Dok Istimewa)

Sindonews.com - Dari 26 kabupaten/kota di Jawa Barat, hanya ada empat daerah yang punya kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk pelamar umum. Keempat daerah itu masing-masing Kota Bandung, Kota Bogor, Kabupaten Bogor dan Kota Depok.

"Sisanya, kabupaten/kota tidak mendapat formasi (CPNS) untuk pelamar umum. Di Pemprov Jawa Barat juga tidak ada kuota (untuk pelamar umum)," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat, M Solihin, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (3/9/2013).

Menurutnya, daerah yang tidak menerima kuota CPNS untuk pelamar umum mendapat instruksi khusus dari Menteri Pemberdayaan Aparatatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), Azwar Abubakar.

"Yang tidak dapat formasi untuk pelamar umum ditugaskan oleh MenpanRB untuk menyelesaikan yang TKK (Tenaga Kerja Kontrak) kategori I dan II untuk diangkat jadi PNS," jelasnya.

Kuota untuk TKK yang diprioritaskan jadi PNS menurutnya berbeda di tiap kabupaten dan kota. Tapi khusus untuk TKK di lingkungan Pemprov Jawa Barat, setidaknya tercatat sekira 900 TKK kategori II dan 552 TKK kategori I.

Tapi ia mengaku belum mengetahui kuota pasti penerimaan CPNS khusus TKK di lingkungan Pemprov Jawa Barat dari MenpanRB. "Sampai sekarang kita belum menerima angka pasti," ungkap Solihin.

Yang jelas, kemungkinan TKK yang ada di Pemprov Jawa Barat tidak akan langsung jadi PNS seluruhnya. Pengangkatan mereka kemungkinan bertahap karena jumlahnya yang cukup banyak.

"Tidak akan selesai dalam satu tahun. Mungkin dalam beberapa tahun baru selesai," tuturnya.

Sementara terkait formasi penerimaan CPNS untuk pelamar umum di empat kabupaten/kota, kuotanya berbeda-beda.


(rsa)

views: 3.142x
shadow