Bali & Nusa Tenggara

Pacuan kuda ramaikan Sail Komodo

Pacuan kuda ramaikan Sail Komodo
Ilustrasi, (SINDOphoto).

Sindonews.com - Lomba pacuan kuda tradisonal ramaikan acara Sail Komodo di Wini, Tanjung  Bastian, Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebanyak 133 ekor kuda dari Kabupaten Sumba Timur, Kupang, Belu dan tuan rumah Timor Tengah Utara akan dipertandingkan dalam 10 kelas yakni tujuh kelas standar dan tiga kelas lokal dan kelas super.

"Ajang pacuan kuda selain meramaikan Sail Komodo juga untuk sebagai ajang memperkenalkan olahraga berkuda di Timor Tengah Utara." Kata Bupati TTU Raymundus Fernandes di Tanjung Bastian Wini, NTT, Minggu (4/8/2013). 

Fernandes mengatakan, pacuan kuda merupakan kesenian tradisional yang sudah mulai tumbuh dan berkembang ditengah masyarakat saat ini. "Pacuan kuda tradisional ini sudah ada Sejak dulu sehingga keberadaanya perlu dilestarikan melalui iven-iven seperti ini," ucapnya.

Raymundus berharap, agar masyarakat mengikuti perlombaan ini dengan aman dan baik sebab selain lomba ini, ada juga ajang Sail Komodo yang diikuti oleh sejumlah negara. "Sesuai rencana esok Senin, mereka akan tiba di Wini dalam pelayaran dari Kupang minggu pagi jadi masyarakat diharapkan dapat menyambut momen langka ini dengan baik," tandasnya.

(maf)

views: 1.196x
shadow