Liga Indonesia

Demi Timnas, Persebaya lepas Andik dan Evan Dimas

Demi Timnas, Persebaya lepas Andik dan Evan Dimas
Evan Dimas (kiri) saat berlatih bersama Persebaya/Rachmad Tomy/Koran Sindo

Sindonews.com - Sikap besar hati ditunjukkan manajemen Persebaya IPL. Meski tidak diakui sebagai Persebaya asli oleh PSSI, namun tim berjuluk Bleduk Ijo tetap melepas dua pemainnya membela Timnas Indonesia.

Kedua pemain Persebaya IPL yang terpanggil membela Timnas adalah pemain muda Evan Dimas dan Andik Vermansyah. Namun, keduanya tidak akan bergabung satu tim. Sebab, Evan Dimas akan membela Timnas U-20 sedangkan Andik Vermansyah berbaju Timnas U-23 yang diproyeksikan tampil di SEA Games XXVII/2013 di Myanmar, Desember mendatang.

Sesuai panggilan Badan Tim Nasional (BTN), Andik Vermansyah sudah harus bergabung di Timnas U-23, Rabu (10/7). Sebab, tiga hari berselang akan melakukan laga uji coba melawan tuan rumah Timnas Singapura U 23, Sabtu (13/7). "Kalau untuk Timnas kita akan lepas, ini untuk kepentingan negara," ujar Manajer Persebaya IPL Saleh Hanifah.

Sementara Evan Dimas sudah lebih dulu berangkat ke Jakarta untuk bergabung dalam TC Timnas U- 19 tahap akhir yang  dimulai sejak 1 Juli lalu. Rencananya, pemain Timnas U-19 akan dipersipakan tampil dalam ajang Piala AFF U-19. Dari 35 pemain yang dipanggil mengikuti seleksi tahap akhir akan diciutkan lagi menjadi 23 pemain. "Kami yakin dua pemain Persebaya akan lolos, " tandas Saleh Hanifah.

Terpisah Pelatih Persebaya IPL Ibnu Grahan tidak mempemasalahkan pemanggilan dua pemainnya. Sebab, saat ini kompetisi IPL sedang libur. "Tidak ada masalah kompetisi sedang libur, sebagai pelatih tentu saya mendukung pemain yang akan membela Timnas, " ujarnya.

Memang tidak ada alasan bagi Persebaya IPL menahan dua pemainnya membela Timnas Garuda. Sebab, pertandingan melawan Persija yang berakhir untuk kemenangan Persebaya 1-0, Minggu (7/7) menjadi pertandingan terakhir sebelum libur puasa. Sesuai jadwal, Persebaya baru akan merumput kembali melawan PSIR Rembang, 25 Agustus mendatang. "Semua pemain sekarang masih libur, " ucap Ibnu.

Selain pemain libur latihan, khusus Evan Dimas meski sudah tercatat sebagai pemain Persebaya IPL, sampai sekarang tenaganya memang belum terpakai. Salah satu kendalanya, PT Liga Prima Sportindo Indonesia (LPIS) sebagai operator IPL belum mengesahkan karena karena salah satu persyaratan administrasi belum beres.

Kabarnya, manajamen Persebaya belum resmi mengontrak pemain yang sempat terpanggil di akedemi sepak bola Barcelona itu. Sementara Andik Vermansyah mengaku siap membela Timnas U 23 dalam laga ujicoba melawan Singapura nanti. Meski banyak kalangan menilai kemampuannya sudah pantas membela Timnas Senior. "Pelatih yang bisa menilai, yang pasti saya siap jika memang nanti diturunkan, " tandasnya.

(aww)

views: 1.801x
shadow