Sumatera

Gempa Aceh, puluhan rumah rusak

Gempa Aceh, puluhan rumah rusak
Ilustrasi Gempa Aceh Okezone

Sindonews.com - Akibat gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) puluhan rumah di Banda Aceh dan Kabupaten Benermeriah Provinsi Aceh hancur.

Selain itu, sejumlah warga terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka-kula tertimpa reruntuhan bangunan.

"Menurut laporan sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Benermeriah korban akibat gempa ini terdapat lima orang mengalami luka-luka dan dibawa ke rumah sakit, sepuluh unit rumah rusak," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Selasa (2/7/2013).

Sutopo menambahkan, saat ini BPBD Benermeriah masih melakukan pendataan korban maupun kerusakan yang ditimbulkan bencana gempa itu.  "Kami BNPB masih terus melakukan pemantauan perkembangan terbaru," ujar Sutopo

Sutopo mengimbau warga tidak terlalu cemas namun tetap meningkatkan kewaspadaan.

Diberitakan sebelumnya, Gempa dengan kekuatan 6,2 Skala Richter (SR) mengguncang Provinsi Aceh.

Informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 10 kilometer, tepatnya 35 kilometer Barat Daya Kabupaten Benermeriah atau 43 kilomter Tenggara Kabupaten Bireuen dan 50 kilometer Barat Laut Kabupaten Aceh Tengah atau 181 kilometer Tenggara Banda Aceh.

Meskipun gempa dirasakan sangat kuat selama 15 detik oleh masyarakat Kabupaten Benermeriah dan Banda Aceh, namun gempa itu tidak menimbulkan tsunami.


(lns)

views: 1.784x
shadow