Pilkada

Hasil quick count

Pilkada Lumajang, Pasangan ASA unggul

Nurul Arifin

Kamis,  30 Mei 2013  −  08:47 WIB
Pilkada Lumajang, Pasangan ASA unggul
Ilustrasi (Dok Istimewa)

Sindonews.com - Tak selamanya inkumben selalu mulus dalam memenangkan pertarungan pemilihan kepala daerah. Kali ini, Pasangan Inkumben Syahradz Masdar-As'at Malik (SA'AT) harus tumbang dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Lumajang. Mereka harus mengakui keunggulan rivalnya pasangan Ali Mudhori-Samsul Hadi (ASA).

Pasangan SA'AT yang diusung oleh Partai Golkar, PAN dan Partai Demokrat ini hanya mampu meraup dukungan suara sebanyak 33,26 persen. Sementara pasangan ASA yang diusung oleh PKB mampu meraup suara sebanyak 36,25 persen.

Urutan ketiga ditempati pasangan Agus Wicaksono-Adnan Syarif (A-RIF) dengan 24,82 persen dan Indah Pakarti-Kafi mendapat 5,67 persen. Hasil hitung cepat (Quick Count) yang digelar oleh lembaga Survei Proximity.

Menurut President Direktur Proximity, Whima Edy Nugroho, kunci kemenangan pasangan ASA ini berhasil karena mampu memaksimalkan suara warga Nahdlyyin di Kabupaten Lumajang.

"Pasangan ini menawarkan konsep perubahan yang lebih riil daripada pasangan incumbent, memaksimalkan potensi suara nahdliyin. Lumajang itu memang tingkat Grass root-nya adalah warga Nahdliyin," kata Whima di Surabaya, Kamis, (29/5/2013).

Dalam perhitungan cepat ini, Proximity menggunakan sampel di 150 Tempat pemungutan suara (TPS) dari 1.872 TPS. 150 TPS ini tersebar di 21 kecamatan dengan 202 desa/kelurahan. "Margin error-nya 1 persen," tambahnya.

Sementara untuk sample pemilih yang digunakan sebanyak 62.302 pemilih. Sedangkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Lumajang sebanyak 819.872 pemilih.  Kata Whima, tingkat partisipasi pemilih cukup bagus mencapai 70,73 persen.

"Kondisi ini pula yang menentukan kemenangan pasangan ASA," jelasnya.

 

(rsa)

shadow