Metro

Tidak lengkap, KPUD Depok coret Bacaleg

Marieska Harya Virdhani

Selasa,  21 Mei 2013  −  00:39 WIB
Tidak lengkap, KPUD Depok coret Bacaleg
Ilustrasi. (Sindophoto)

Sindonews.com - Batas akhir pengumpulan perbaikan berkas bakal calon legislatif (Bacaleg) pada 22 Mei 2013, ternyata hanya empat partai yang sudah menyerahkan perbaikan.
 
Ketua Komisi Pemiihan Umum (KPU) Depok Raden Salamun mengungkapkan, sampai saat ini dari 12 partai peserta pemilihan legislatif, hanya empat partai yang sudah melengkapi persyaratan berkas yaitu PKS, Partai  Golkar, Partai Gerindra dan Partai Nasdem.
 
"Kalau sampai 22 Mei ada berkas yang kurang, kita akan coret dari Bacaleg, dan tidak bisa mengikuti Pileg," terangnya kepada wartawan, Senin (20/05/2013).
 
Salamun menegaskan, kebanyakan berkas yang belum dilengkapi seperti; hasil tes kesehatan, hasil bebas narkoba, legalisir ijasah dan lainnya.
 
Selain itu, banyak Bacaleg yang belum mengumpulkan berkas kesediaan meninggalkan jabatan sepert akuntan, pengacara, dirut BUMD/BUMN dan lainnya.
 
"Sebenarnya, menyerahkan pengajuan kesediaan meninggalkan jabatan ini kan agar fokus pada DPR dan tidak bekerja yang lainnya," paparnya.
 
Meski begitu, sampai saat ini sejumlah partai belum menyerahkan berkas. Terkait tuduhan dari salah satu partai, KPU bodong karena tidak mengisi berita acara dibantah secara tegas. Pasalnya, komunikasi antara pihaknya dan penghubung partai juga berjalan dengan baik.
 
"Orang di sekretariat kita yang mengkomunikasikan dengan partai. Jadi,  di kolom itu sengaja tidak diisi dengan tidak memenuhi syarat atau kurangnya apa. Tapi, sudah disampaikan melalui penghubungnya. Mungkin komunikasi saja antara penghubung partai dengan bacalegnya," terangnya. 
 
Sementara itu, Sekretaris Dewan Syuro  DPC PKB Kota Depok Idham Darmawan mengaku, telah siap dengan segala sesuatunya.
 
"Kita bakal serahkan berkas-berkasnya. Ini berdasarkan hasil verifikasi KPU kekurangannya apa kita penuhi,"pungkasnya.

 

(stb)

shadow