Pilkada

Jelang Pilkada Jombang, KPU sosialisasi penderita tuna netra

Mukhtar Bagus

Kamis,  16 Mei 2013  −  14:28 WIB
Jelang Pilkada Jombang, KPU sosialisasi penderita tuna netra
Penderita tuna netra saat mendengar sosialisasi dari KPU Jombang (Foto: Mukhtar Bagus)

Sindonews.com - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilu Legislatif (Pileg), KPU di sejumlah daerah di Jawa Timur menggelar sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi tentang Pemilu dan cara menyalurkan suaranya juga dilakukan terhadap warga penderita cacat tuna netra.
 
Sosialisasi tersebut dilakukan di Kantor KPUD Jombang, Jawa Timur. Hal itu mengingat tanggal 5 Juni mendatang akan digelar pemilihan bupati dan Wakil Bupati Jombang. Lalu tanggal 29 Agustus akan digelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur.
 
"Kami tak tahu mencoblos yang baik, sosialisasi kepada kami sangat minim. Makanya saya mau mengikuti kegiatan ini," jelas seorang penderita tuna netra, Suparno, Kamis (16/5/2013).

Tak heran, meksi publikasi dan poster para calon sudah tersebar di mana-mana dan pelaksanaan Pilkada Jombang sudah tinggal 20 hari lagi, para penderita cacat tuna netra ini mengaku banyak yang belum tahu akan adanya pilkada maupun pileg.
 
Sementara itu anggota KPUD Jombang, Medan Amrullah mengaku, kegiatan ini sengaja digelar agar penderita cacat tuna netra juga turut berpartisipasi dalam Pilkada dan Pileg mendatang.
 
"Hari ini, sosialisasinya memang masih sebatas informasi pelaksanaan Pilkada dan Pileg saja. Namun beberapa hari mendatang, sosialisasi akan kembali digelar tentang tata cara penderita menyalurkan suaranya sekaligus fasilitas yang akan disediakan untuk membantu mereka," jelasnya.
 
Menurutnya, KPUD Jombang juga menyediakan nomor hotline khusus bagi para penderita tuna netra jika dalam pelaksanaan Pilkada nanti mereka di halang-halangi atau tidak diperkenankan ikut memilih oleh petugas TPS di lingkungan mereka berada.

 

(rsa)

shadow