Politik

KPU takut atur dana kampanye caleg

Haris Kurniawan

Jum'at,  10 Mei 2013  −  11:04 WIB
 KPU takut atur dana kampanye caleg

SINDOnews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai tidak memiliki keberanian membuat peraturan yang tegas mengenai dana kampanye calon anggota legislatif (caleg) partai politik peserta Pemilu 2014.

Menurut Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI) Jeirry Sumampouw, dengan hanya bersifat imbauan agar caleg melaporkan dana kampanye ke KPU maka membuktikan KPU tidak memiliki keberanian untuk membuat peraturan tegas mengenai hal itu.

"Soal imbauan ternyata KPU tak berani juga mengatur dana kampanye caleg, takut menegaskan bahwa itu harus dilaporkan juga sebagai dana kampanye," kata Jeirry melalui pesan singkat kepada SINDOnews, Jumat (10/5/2013).

Jeirry khawatir, jika hanya bersifat imbauan maka hal ini akan diabaikan para caleg, sehingga anggaran kampanya caleg tidak dapat terekam berapa banyak jumlahnya dan dari mana caleg memperoleh dana kampanye.

"Sebab kalau hanya sekedar imbauan, maka tak akan dihiraukan para caleg," terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan hanya imbauan maka tidak ada sanksi yang tegas dari KPU terhadap caleg yang mendapatkan atau mengeluarkan dana kampanye yang bersumber dari pihak-pihak yang dilarang.

"Sebab imbauan saja tanpa sanksi, jelas tak memberi efek jera," tuntasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, laporan dana kampanye caleg untuk Pemilu 2014 hanya bersifat imbauan bukan menjadi suatu kewajiban.

"Buat caleg yang enggak melaporkan dana kampanyenya ya enggak apa-apa, nanti biar masyarakat menilai ternyata calegnya enggak transparan. Jadi ini imbauan, sunnah-lah ya," kata Komisioner KPU, Arief Budiman, beberapa waktu lalu.

Arief melanjutkan, alasan tidak diwajibkannya caleg melaporkan dana kampanye lantaran pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pemilu DPR, DPD, dan DPRD hanya mengatur pelaporan dana kampanye untuk partai politik peserta pemilu.

"Karena sistem proporsional terbuka membuat persaingan bukan saja antar parpol, KPU berencana juga mengimbau para caleg laporkan dana kampanye," katanya.‬

 

(lal)

shadow