Jawa Barat

Status Gunung Guntur kembali normal

Status Gunung Guntur kembali normal
Ilustrasi, (Ist).

Sindonews.com - Status Gunung Guntur diturunkan dari waspada menjadi normal. Diturunkannya status ke level I ini mulai berlaku sejak pukul 17.00 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Zatzat Munazat mengatakan, berdasarkan Surat Nomor 1141/45/BGL.V/2013 dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), aktivitas vulkanik di Gunung Guntur mulai menurun dan kembali normal.

Dengan demikian, ia mengimbau agar seluruh warga Garut di sekitar Gunung Guntur dan wisatawan untuk dapat kembali beraktivitas seperti biasa.

"Para wisatawan bisa kembali dengan bebas berwisata di kawasan Cipanas. Warga di sekitar Gunung Guntur dapat kembali tenang dan menjalankan aktivitas seperti biasa," kata Zatzat, di Garut, Jawa Barat, Selasa (7/5/2013).

Lebih jauh Zatzat menjelaskan, penurunan status ini diambil dari kajian secara visual, frekuensi kegempaan, suhu mata air, dan deformasi Gunung Guntur yang mengalami perubahan hingga kondisinya menjadi normal.

"Tidak perlu ada yang dicemaskan lagi sekarang. Namun demikian, kita harus tetap waspada dan berdoa karena yang namanya bencana alam itu bisa terjadi secara tiba-tiba," ujarnya.

Sebelumnya, PVMBG menaikkan status Gunung Guntur dari normal menjadi waspada pada Selasa 2 April 2013. Hal ini didasarkan pada intensitas kegempaan vulkanik dan tektonik pada gunung tersebut yang melonjak.

Gunung Guntur pun sempat mengalami masa kritis karena mengalami gempa tremor sebanyak tiga kali pada Selasa 2 April 2013 sampai Selasa 9 April 2013. Selama masa waspada, BPBD Provinsi Jawa Barat, BPBD Kabupaten Garut, dan Kodim 0611 Garut, gencar melakukan sosialisasi terhadap warga dan pengusaha di Cipanas mengenai ancaman bencana Gunung Guntur.

Sementara itu, penurunan status menjadi normal disambut gembira oleh salah seorang pengelola penginapan kawasan Cipanas Garut. Salah satu pengelola, Irman Sulaeman (42) mengaku tenang dan berharap penurunan status ini dapat kembali meningkatkan kunjungan wisatawan untuk menginap ke penginapan yang dikelolanya.

"Sudah hampir beberapa pekan kunjungan ke penginapan kami menurun. Jangankan wisatawan, kami juga cemas saat status Gunung Guntur meningkat," tukasnya.

(maf)

views: 1.317x
shadow