Jawa Barat

Warga Kampung Cigintung Majalengka harus direlokasi

Iman Herdiana

Kamis,  2 Mei 2013  −  12:33 WIB
Warga Kampung Cigintung Majalengka harus direlokasi
Kondisi retakan tanah yang terjadi di Majalengka (Foto: Dok PVMBG)

Sindonews.com - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan relokasi bagi warga  Kampung Cigintung, Desa Cimuncang, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, yang menjadi korban gerakan tanah.

Kepala PVMBG Surono menegaskan, relokasi sebagai upaya mitigasi bencana gerakan tanah. Pasalnya, lahan di sekitar Kampung Cigintung sudah tidak layak huni.

"Karena sebagian besar sudah mengalami retakan yang pergerakannya masih berlangsung hingga sekarang, walaupun pergerakannya lambat," jelas Surono, di Bandung, Kamis (2/5/2013).

"Maka  perlu direlokasi ke tempat yang aman," tambahnya.

Rekomendasi lain, diperlukan upaya menutup retakan yang terdapat di sekitar pemukiman dan jalur jalan. Penutupan disarankan dengan tanah liat dan dipadatkan untuk menghindari masuknya air ke dalam retakan. Sehingga bisa mengurngi pergerakan tanah.

Surono juga meminta jangan membuat kolam terutama di atas pemukiman yang dapat menjenuhkan tanah.

"Jika terjadi hujan lebat berlangsung lama dapat mengerosi material longsor pada lereng bagian atas, maka semua aktivitas agar menjauh dari daerah sepanjang aliran Sungai Cijurei, karena berpotensi aliran bahan rombakan," terangnya.

Seperti diberitakan, curah hujan tinggi membuat gerakan tanah yang terjadi di Kampung Cigintung, Desa Cimuncang, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, akibat gerakan tanah itu membuat enam hektar sawah siap panen tertimbun longsor, 11 rumah rusak berat, 99 rumah rusak ringan hingga sedang, mengalami keretakan di bagian lantai dan dinding bangunan.

Dampak lain, jalur jalan sepanjang 50 meter ambles sedalam 3 – 5 meter. Sedangkan warga yang mengungsi sebanyak 609 Kepala Keluarga atau 1.842 jiwa. Mereka mengungsi ke berbagai tempat.

 

(rsa)

shadow