Kalimantan & Sulawesi

Foto SBY dibakar di Kota Palopo

Foto SBY dibakar di Kota Palopo
Ilustrasi (istimewa)

Sindonews.com - Aksi buruh di Kota Palopo, Sulawesi Selatan diwarnai aksi pembakaran foto Presiden SBY. Namun aksi buruh berjalan tertib dan menlanjutkan askinya ke Gedung DPRD kota Palopo.

Ratusan massa di Kota Palopo yang mengatasnamakan gerakan Indonesia menggugat melakukan aksi demo untuk memperingati hari buruh sedunia, Rabu (1/5/2013).

Dalam aksinya massa yang terdiri dari lembaga mahasiswa, buruh, dan para pekerja toko ini menuntut presiden bertindak tegas untuk menetapkan upah layak. Selain itu, pendemo juga mendesak presiden mengeluarkan peraturan penghapusan outsourching yang dinilai tidak berpihak kepada buruh.

Dalam orasinya, Kordinator aksi Anto Ahmad mengatakan, upah minimum yang ditetapkan pemerintah setempat banyak yang tidak dipatuhi perusahaan.

"Presiden harus memberi sanksi pada perusahaan yang membandel, juga hapuskan sistem outsourching," katanya. 

Aksi yang dilakukan di Jalan Trans Sulawesi ini membuat polisi sibuk mengalihkan arus. Apalagi, sejumlah buruh juga melakukan aksi blokir jalan sehingga kendaraan yang terjebak macet dialihkan ke jalur lain.

Demo ini juga sempat diwarnai dengan pembakaran foto Presiden SBY. Usai melakukan orasi di tengah jalan, massa akhirnya bergerak ke Gedung DPRD Kota Palopo untuk menyampaikan aspirasi terkait hari buruh.


(ysw)

views: 1.464x
shadow