Jawa Tengah & DIY

Jutaan batang rokok ilegal dimusnahkan

Jutaan batang rokok ilegal dimusnahkan
Ilustrasi (istimewa)

Sindonews.com - Jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Jepara, memusnahkan jutaan batang rokok ilegal yang disita dari dua kasus pelanggaran cukai. Potensi kerugian negara yang bisa diselamatkan dari praktek terlarang ini mencapai puluhan juta rupiah.

Pemusnahan jutaan batang rokok ilegal ini dilakukan di halaman belakang Kantor Kejari Jepara yang ada di Jalan KH Fauzan No 3. Jutaan batang rokok yang tidak dilekati pita cukai atau dilekati pita cukai palsu (jampel) tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Jepara, Sunarno mengatakan jutaan batang rokok ilegal itu merupakan hasil sitaan dua kasus berbeda yang sudah mempunyai keputusan hukum tetap dan mengikat.

Dua kasus peredaran rokok ilegal tersebut masing-masing yang melibatkan terpidana Muhammad Busyro (27) warga Robayan, Kecamatan Kalinyamatan dan Kartubi (49) warga Singorojo, Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara.

Untuk kasus yang melibatkan Busyro sudah diputus oleh majelis hakim Pengadilan
Negeri (PN) Jepara pada Maret 2012 lalu. Majelis hakim memvonis Busyro dengan
hukuman denda Rp23 juta, subsider dua bulan penjara. Busyro dinyatakan terbukti bersalah karena telah mengedarkan rokok ilegal sesuai aturan yang diatur dalam Pasal 54 UU Cukai.

"Atas putusan majelis hakim ini, Busyro tidak mengajukan upaya banding, sehingga perkaranya dinyatakan sudah incraht," kata Sunarno, di Kantor Kejari Jepara, Senin (25/3/2013).

Khusus untuk kasus yang melibatkan Kartubi, kata Sunarno prosesnya lebih panjang. Sebab Kartubi yang dinyatakan melanggar Pasal 50 UU Cukai dan dijatuhi vonis 1 tahun penjara, denda Rp30 juta subsider 3 bulan penjara mengajukan banding atas vonis yang dijatuhkan majelis PN Jepara.

"Karena kedua kasus ini sudah mempunyai putusan hukum yang mengikat dan final
maka barang buktinya kita musnahkan," paparnya.

(ysw)

views: 452x
shadow