Pilkada

Calon Gubernur Maluku Utara bagi-bagi uang

Calon Gubernur Maluku Utara bagi-bagi uang
Ilustrasi (dok:Istimewa)

Sindonews.com - Ratusan warga Kota Ternate, yang terdiri dari ibu–ibu tampak mengamuk dan membanting kursi di dalam ruangan, di Restoran Joane, Ternate, yang dijadikan sebagai tempat sosialisasi pasangan calon Gubernur Maluku Utara dari Partai Golkar Ahmad Hidayat Mus.

Para ibu-ibu itu, kecewa lantaran tidak mendapatkan uang yang dijanjikan saat pembagian uang oleh Bupati Kepulauan Sula Ahmad Hidayat Mus. Padahal, mereka telah menunggu sekitar delapan jam, di lokasi acara pembagian duit.
 
Acara bagi-bagi uang ini, awalnya berjalan lancar. Ribuan warga yang berada dalam ruangan mendapatkan bagian. Sementara warga yang berada di luar ruangan yang tidak mendapatkan bagian, marah dan mengamuk.
 
Selain membanting kursi, warga yang terdiri dari ibu-ibu ini juga mengobrak abrik isi ruangan tempat acara. Mereka juga  menyerang kediaman bupati dan berteriak, "Bupati Sula Ahmad Hidayat Mus penipu besar".
 
Dalam catatan panitia, pembagian hanya dilakukan terhadap para janda dan fakir miskin, sekitar seribu lima ratus jiwa. Namun yang datang dalam acara ini sekitar lima ribu orang, karena diundang panitia. Banyaknya warga yang datang mengakibatkan uang yang tersedia tidak cukup.

Bupati Amhad Hidayat Mus kemudian meninggalkan lokasi acara, diikuti oleh panitia, tanpa peduli warga yang tidak mendapatkan pembagian.
 
Acara bagi-bagi duit oleh bupati sula, yang juga ketua DPD 1 Partai Golkar Maluku Utara ini, dalam rangka mensosialisasikan dirinya sebagai calon Gubernur Maluku Utara, pada Pemilukada bulan Juli 2013 nanti.

Dalam acara ini, ikut hadir istri Ahmad Hidayat Mus, Siti Nurohmah yang juga anggota DPR, dan sejumlah pengurus DPD Golkar Malut, yang juga ikut melakukan pembagian uang.

(san)

views: 2.741x
shadow