Padagang Daging Hentikan Pasokan Sapi dari Kulonprogo dan Sleman

Rabu, 25 Januari 2017 - 11:36 WIB
Padagang Daging Hentikan Pasokan Sapi dari Kulonprogo dan Sleman
Padagang Daging Hentikan Pasokan Sapi dari Kulonprogo dan Sleman
A A A
INDRAMAYU - Para pedagang daging sapi di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, menghentikan pasokan sapi dari Kulonprogo dan Sleman, Rabu (25/1/2017). Langkah ini dilakukan untuk mencegah penjualan sapi yang diduga terinfeksi antraks.

Para pedagang daging sapi di Indramayu menutup pasokan daging sapi asal Kulonprogo, Sleman, dan Yogyakarta, karena daerah tersebut merupakan wilayah endemik. Para pedagang dan dinas peternakan terus berkoordinasi untuk mengawasi distribusi daging sapi dari wilayah endemik.

“Saat wabah antraks ini ditemukan di daerah Kulonprogo, para peternak sapi saat ini hanya menerima pasokan sapi dengan sistem satu pintu, yakni dari Pati, Jawa Tengah. Ini diharapkan dapat mencegah adanya sapi terinfeksi antraks asal Kulonprogo di rumah pemotongan hewan,” kata Sunarto, seorang pedagang daging sapi.

Dinas Peternakan Kabupaten Indramayu juga mengerahkan petugas kesehatan hewan di lapangan untuk meningkatkan pengawasan di pasar tradisional maupun pasar hewan. Para pedagang memprediksi, isu penyakit antraks ini untuk menggoyang harga daging sapi yang masih mahal dan bertahan pada harga Rp120.000/Kilogram (Kg).
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5440 seconds (0.1#10.140)