alexa snippet

Dicecar 22 Pertanyaan, Ini Ancaman Hukuman bagi Habib Rizieq

Dicecar 22 Pertanyaan, Ini Ancaman Hukuman bagi Habib Rizieq
Dicecar 22 Pertanyaan, Ini Ancaman Hukuman bagi Habib Rizieq
A+ A-
BANDUNG - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq tuntas menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Barat, Kota Bandung, Kamis (12/1/2017). Ia dilaporkan atas dua pasal sekaligus oleh Sukmawati Soekarnoputri.

Dijerat dua pasal sekaligus, ancaman hukuman untuk Habib Rizieq pun cukup lama. Ia terancam mendekam di penjara selama beberapa tahun jika terbukti bersalah.

"Tentang penistaan Pancasila, (dilaporkannya) Pasal 154 KUHP. Kemudian pencemaran nama baik (Soekarno) Pasal 310 KUHP. Ancaman pasal 154 KUHP sekitar empat tahun. Kalau untuk 310 itu ancamannya sembilan bulan," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus.

Dijelaskannya, pemeriksaan terhadap Habib Rizieq dilakukan sekira lima setengah jam. "Sebanyak 22 pertanyaan ditanyakan kepada Rizieq," ucapnya.

Secepatnya, gelar perkara pun akan dilakukan. Tapi sejauh ini, Yusri menegaskan kasus itu masih dalam tahap penyelidikan. "Jadi mekanismenya setelah ini kita lakukan gelar perkara untuk menentukan apakah ada unsur-unsur masuk dalam persangkaan tentang pencemaran nama baik dan penistaan Pancasila. Nanti kalau memang unsurnya masuk, kita masuk ke penyidikan," jelasnya

Jika malam ini gelar perkara selesai dilakukan, maka pihaknya akan melanjutkan ke tahap selanjutnya. "Malam ini kita upayakan gelar perkara secepatnya. Mudah-mudahan besok sudah kita ketahui (hasilnya)," ucap Yusri.

Selain Habib Rizieq, Yusri mengungkapkan sudah ada sebanyak 10 orang yang dimintai keterangan. Tiga di antaranya merupakan saksi pelapor, tiga saksi ahli, saksi di tempat kejadian perkara (TKP), serta saksi lainnya.

Sukmawati sebagai pelapor juga sudah diperiksa beberapa waktu lalu untuk dimintai keterangan atas pelaporannya. "Sudah diperiksa. (Sukmawati) pelapornya sudah diperiksa," tandas Yusri.



(kri)
views: 31.455
loading gif
Top