Surat An-Nas Lengkap Arab, Latin dan Keutamaan

Minggu, 06 Agustus 2023 - 19:36 WIB
loading...
Surat An-Nas Lengkap Arab, Latin dan Keutamaan
Surat An-Nas memiliki keutamaan besar sebagai wasilah perlindungan dari segala keburukan. Foto/ist
A A A
Surat An-Nas lengkap Arab, latin dan keutamaan perlu diketahui umat muslim. Surat terakhir dalam mushaf Al-Qur'an ini memiliki keutamaan besar sebagai wasilah perlindungan dari segala keburukan.

Surat An-Nas (النَّاسِ) terdiri 6 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah. Diturunkan sesudah Surat Al-Falaq. Nama An-Nas diambil dari kata An-Naas yang berulang kali disebut dalam surat ini yang artinya manusia.

Berikut Surat An-Nas lengkap Arab dan Latin:

ِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ

Qul a'uudzu birabbin Naas.
1. Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhannya manusia,

مَلِكِ النَّاسِۙ

Maalikin Naas.
2. Raja manusia.

اِلٰهِ النَّاسِۙ

ilaahin Naas.
3. Sesembahan manusia.

مِنۡ شَرِّ الۡوَسۡوَاسِ ۙ الۡخَـنَّاسِ

Min syarril was waasil khonnaas.
4. Dari kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi.

الَّذِىۡ يُوَسۡوِسُ فِىۡ صُدُوۡرِ النَّاسِۙ

Alladzii yuwas wisu fii shuduurin Naas.
5. Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia.

مِنَ الۡجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Minal jinnaati wannaas.
6. Dari (golongan) jin dan manusia.

Keutamaan Surat An-Nas:

1. Mengobati Penyakit dan Penangkal dari Sihir
Salah satu keutamaan Surat An-Nas dapat menyembuhkan seseorang dari penyakit seperti demam tinggi. Surat ini juga bisa menjadi amalan pelindung dari sihir. Asbabun Nuzul Surat An-Nas dan Al-Falaq ini berkaitan dengan sakit yang dialami Nabi Muhammad SAW karena disihir orang Yahudi. Dalam Tafsir al-Qummi dan Tafsir Al-Burhan diceritakan, suatu ketika Nabi mengalami sakit demam yang tinggi, lalu Malaikat Jibril dan Mikail datang membawa Surat Al-Falaq dan An-Nas untuk menyembuhkan beliau. Malaikat Jibril membaca Surat Al-Falaq dan Malaikat Mikail membaca Surat An-Nas hingga beliau sembuh.

2. Bacaan Sholat Rasulullah Ketika dalam Perjalanan
Diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, At-Tirmizi dan An-Nasa-i dari 'Uqbah bin 'Aamir bahwa Rasulullah ﷺ sholat dengan membaca Surat Al-Falaq dan Surat An-Naas dalam perjalanan.

3. Amalan Sunnah Sebelum Tidur
Bahwasanya Nabi Muhammad ﷺ apabila pergi ke tempat tidur setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangan beliau, kemudian meniupkan dalam terbukanya dan membaca Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas. Kemudian dengan kedua telapak tangan itu, beliau mengusap tubuh beliau, dimulai dari kepala dan wajah serta anggota tubuh lainnya. Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali." (HR Al-Bukhari)

4. Wasilah Perlindungan dari Segala Keburukan
Surat An-Nas ini juga memiliki keutamaan sebagai wasilah perlindungan dari segala keburukan, seperti sihir, penyakit 'ain (pandangan mata yang dengki), gangguan setan dan penyakit buruk lainnya. Rasulullah ﷺ bersabda: "Wahai Ibnu Abbas, maukah kamu aku tunjukkan sesuatu yang paling baik digunakan untuk berlindung?" Ibnu Abbas menjawab: "Iya wahai Rasulullah." Beliau pun bersabda: "Qul a'udzu birabbil falaq (Surat Al-Falaq) dan Qul a'udzu birabbinnas (Surat An-Nas), dua surah ini." (HR An-Nasa'i)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)