KPK Tegaskan Lukas Enembe Sehat, Bisa Ikuti Persidangan

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 15:44 WIB
loading...
KPK Tegaskan Lukas Enembe Sehat, Bisa Ikuti Persidangan
KPK menyebut Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe sehat dan bisa mengikuti persidangan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe bisa mengikuti persidangan. Sebab, berdasarkan hasil pemeriksaan tim dokter Lukas Enembe dinyatakan sehat.

Untuk diketahui, sidang lanjutan terkait kasus gratifikasi dengan terdakwa Lukas Enembe sempat ditunda lantaran Lukas harus dirawat di RSPAD beberapa waktu yang lalu. ”Kondisi terdakwa Lukas Enembe berdasarkan hasil pemeriksaan dokter PB IDI tertanggal 31 Juli 2023 berkesimpulan terdakwa Lukas Enembe dinilai laik untuk menjalani proses persidangan (fit to stand trial),” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Sabtu (5/8/2023).

Pihaknya juga mengingatkan kepada Lukas Enembe untuk disiplin dan mengonsumsi obat yang telah diberikan oleh dokter RSPAD. “Kami juga harus mengingatkan terdakwa Lukas Enembe agar disiplin dan tertib mengonsumsi obat dokter RSPAD dan bersedia untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan berkala oleh tim Dokter KPK. Lukas beberapa kali menolak mengonsumsi makanan, sebagaimana makanan untuk tahanan lainnya,” sambung dia.



Sekadar informasi, Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe didakwa menerima suap dan gratifikasi sebesar Rp45,8 miliar. Suap dan gratifikasi diterima berkaitan dengan proyek pengadaan barang dan jasa di Papua. Hal ini dituangkan jaksa penuntut umum dalam surat dakwaan yang dibacakan di persidangan hari ini.

"Menerima hadiah yang keseluruhannya Rp45.843.485.350," urai tim Jaksa KPK saat membacakan surat dakwaan Lukas Enembe ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin, 19 Juni 2023.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)