SIG dan BRIN Kolaborasi Ciptakan Nilai Tambah Berkelanjutan

Kamis, 03 Agustus 2023 - 22:54 WIB
loading...
SIG dan BRIN Kolaborasi Ciptakan Nilai Tambah Berkelanjutan
SIG bersama BRIN melakukan kerja sama riset dan inovasi. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan kerja sama riset dan inovasi yang bersifat aplikatif di bidang industri semen dan turunannya. Tujuannya menciptakan solusi produk dan bisnis berkelanjutan.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan pengembangan produk berbasis riset penting untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk.

"BRIN siap memberikan dukungan dalam bentuk fasilitas infrastruktur yang dibutuhkan hingga penyediaan sumber daya manusia (SDM)," kata Laksana seusai penandatanganan kerja sama BRIN dan SIG, baru-baru ini.



Tidak hanya itu, BRIN juga dapat memfasilitasi produk yang telah diproduksi dan dikembangkan untuk masuk ke katalog inovasi.

Sementara, Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan SIG berkomitmen mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Komitmen ini salah satunya mengedepankan praktik bisnis perusahaan yang mengarah pada dekarbonisasi, di antaranya optimasi proses produksi, pemanfaatan bahan bakar alternatif sampah perkotaan dan efisiensi energi termal.

Selain itu, SIG mendukung pengembangan energi terbarukan melalui penggunaan panel surya untuk substitusi energi listrik pada unit-unit operasional. "Untuk mengakselerasi capaian dekarbonisasi, SIG membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak yang relevan, termasuk BRIN," ujar Donny Arsal.



Kerja sama antara SIG dan BRIN meliputi kegiatan riset menciptakan inovasi produk semen dan turunannya yang bersifat aplikatif, pemanfaatan bersama fasilitas sarana dan prasarana, advokasi kebijakan pembangunan berkelanjutan, dan memberikan solusi produk dan jasa yang mendukung pemulihan ekonomi nasional.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)