Tol Bocimi Seksi 3 Segera Dibangun, Erick Thohir Godok Skema Anggaran

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 17:17 WIB
loading...
Tol Bocimi Seksi 3 Segera Dibangun, Erick Thohir Godok Skema Anggaran
Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, rencana pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat sudah dibahas bersama dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan, rencana pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat sudah dibahas bersama dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Sementara untuk Tol Bocimi seksi 2 Cigombong-Cibadak baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat pagi tadi.

"Ya tentu, tadi diskusi saya dengan Pak Menteri PUPR juga bagaimana untuk bisa terus disambungkan dari Sukabumi ke Sukabumi Barat," ujar Erick Thohir saat ditemui di tempat kerjanya, Jumat (4/8/2023).



Saat ini skema pendanaan untuk melanjutkan pembangunan Tol Bocimi Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat belum diputuskan. Apakah, nanti anggaran proyek berasal dari penambahan modal alias penyerataan modal negara (PMN) atau justru disuntik oleh investor. Terkait hal itu, Erick menyebut akan ada pembahasan bersama Menteri Keuangan atau Menkeu Sri Mulyani Indrawati.

"Tentu perlu ada diskusi bersama dengan Menteri Keuangan juga, karena memang kan, apakah ini nanti penambahan modal, apakah investasi, atau apa. Atau memang dananya Pak Bas dibikin sendiri," katanya.



Dia mencatat prospek Tol Bocimi sangat menjanjikan, lantaran menjadi akses utama menuju ke berbagai pusat strategis di Jawa Barat. "(Pertimbangannya) yah kembali percepatan pertumbuhan ekonomi," tuturnya.

Adapun panjang keseluruhan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi mencapai 54 km, terdiri atas empat seksi yakni Seksi I Ciawi-Cigombong 15,3 km, Seksi II Cigombong- Cibadak 12 km, Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat 14 km, serta Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13 km.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)